You are currently viewing Peringatan Meningitis Sedunia, Waspada Gejala Meningitis
  • Post category:Artikel

Peringatan Meningitis Sedunia, Waspada Gejala Meningitis

Rolas Medika – Penyakit apapun yang berhubungan dengan otak pada umumnya memiliki tingkat fatal yang lebih tinggi. Termasuk meningitis atau yang disebut radang selaput otak. Penyakit ini berisiko menimbulkan kematian bagi penderitanya. Kematian yang disebabkan meningitis termasuk tinggi karena rata-rata penderita tidak menyadari bahwa gejala yang dirasakan adalah karena meningitis. Barulah ketika dilakukan pemeriksaan medis secara menyeluruh pada tubuh telah terjangkit meningitis stadium lanjut.

Gejala Meningitis yang Kerap Tidak Disadari

temukan perbedaan sakit kepala biasa dan gejala meningitis

Banyak kasus penderita radang selaput otak tidak menyadari telah mengidap penyakit tersebut, bahkan telah akut. Hal ini karena gejala awal meningitis cukup ringan, hampir sama dengan gejala penyakit lain. Gejala ringan yang sering muncul diantaranya adalah flu, demam atau sakit kepala biasa. Sebagai antisipasi pencegahan, alangkah baiknya jika mengetahui penyebab dan gejala meningitis agar bisa mendeteksi penyakit ini sejak awal. Di bawah ini adalah beberapa gejala meningitis yang harus diwaspadai;

  • Sakit Kepala Parah
    Penderita radang selaput otak sering kali merasakan gejala sakit kepala. Sakit kepala yang merupakan gejala meningitis akan lebih sering muncul tanpa adanya penyebab yang jelas. Meskipun telah minum obat sakit kepala jenis apapun, gejala ini tidak bisa hilang begitu saja. Bahkan ada yang nyerinya bertambah parah.
  • Mual dan Muntah
    Jika seseorang mengalami gejala penyakit tertentu wajar apabila merasakan mual dan muntah. Namun, jika telah berlebihan bisa jadi hal tersebut adalah gejala meningitis. Ciri yang paling kuat adalah mual akan selalu disertai muntah.
  • Fotofobia
    Gejala lain yang sering kali dirasakan oleh penderita meningitis adalah menjadi lebih sensitif pada cahaya. Sering kali disebut fotofobia, gejala ini membuat penderita akan tersiksa jika ada cahaya silau yang datang.
  • Leher Kaku
    Jika seseorang terlalu lama duduk dengan model statis wajar apabila akhirnya leher terasa kaku. Akan tetapi, jika Anda terlalu sering mengalami, maka harus waspada karena bisa jadi nyeri pada leher adalah gejala meningitis.
  • Mudah Bingung
    Munculnya radang pada selaput otak tentunya akan berpengaruh pada memori otak. Ketika gejala meningitis telah parah, kemungkinan besar Anda juga akan mudah bingung terhadap sesuatu yang hendak Anda ucapkan. Parahnya Anda bisa menjadi orang yang pelupa.
  • Demam Tinggi
    Gejala meningitis satu ini lebih banyak dijumpai pada anak-anak. Meskipun telah meminum berbagai jenis obat, demam tinggi yang menyerang kadang tidak bisa sembuh atau hilang.
  • Mudah Pingsan
    Radang selaput otak akan mempengaruhi tingkat kekebalan tubuh penderitanya. Banyak penderita penyakit ini yang akhirnya mudah pingsan karena kondisi yang mudah lelah ketika telah muncul radang pada selaput otak.

Tips Mencegah Meningitis

Setelah mengetahui gejala dan penyebabnya, setidaknya dapat membuat penderita meningitis lebih berhati-hati. Upaya pencegahan pun bisa dilakukan secara lebih fokus agar peradangan tidak semakin parah. Tips mencegah meningitis pada dasarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa coba melakukan beberapa tips di bawah ini agar tidak terpapar meningitis;

  • Jauhi Makanan Mentah
    Meningitis dapat terjadi karena adanya bakteri atau jamur yang menyerang selaput otak. Bakteri dan jamur ini biasanya datang dari makanan yang tidak dimasak. Oleh sebab itu, sebagai langkah pencegahan ada baiknya jika Anda tidak mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang.
  • Rajin Cuci Tangan
    Bakteri, jamur dan kuman tidak hanya berasal dari makanan mentah. Sumber penyakit meningitis ini pun dapat muncul karena tidak mencuci tangan. Agar terhindar dari meningitis seringlah cuci tangan menggunakan sabun. Dengan demikian mikroorganisme tidak akan mudah masuk dalam tubuh.
  • Rajin Olahraga
    Meningitis akan lebih mudah menjangkiti siapapun yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Jika daya tahan tubuh kuat, mikroorganisme tidak akan mudah masuk dalam tubuh. Caranya agar daya tahan tubuh kuat adalah dengan rajin melakukan olahraga minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30 menit setiap harinya.
  • Vaksinasi
    Radang selaput otak menjadi salah satu penyakit yang telah memiliki vaksin. Dengan vaksin tersebut, dalam tubuh Anda akan memiliki antibodi untuk melawan mikroorganisme penyebab meningitis. Jenis vaksin tersebut antara lain vaksin pneumokokus PPSV23 serta vaksin meningokokus.
  • Tidak Berbagi Alat Makan
    Mikroorganisme penyebab meningitis dapat pula muncul dari seringnya bertukar alat makan atau minum dengan orang lain. Untuk itulah sebagai langkah pencegahan, ada baiknya Anda tidak bergantian menggunakan alat makan dan minum dengan orang lain. Gunakan alat sendiri, bahkan ketika di dalam rumah.

Siapapun tentunya tidak ada yang berkeinginan mengalami meningitis. Harapan ini juga harus Anda imbangi dengan rajin melakukan pencegahan. Terlebih meningitis bisa dihindari dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Salah satu upaya pencegahan yang paling mudah adalah dengan rajin cuci tangan dan hindari makanan mentah. Dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat, bukan hanya meningitis yang akan jauh dari hidup Anda, penyakit berbahaya lainnya pun peluang datangnya semakin kecil.

Coorporate Communication 
PT Rolas Nusantara Medika

Tinggalkan Balasan