You are currently viewing Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes
  • Post category:Artikel

Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes

Ada beberapa tips puasa bagi penderita diabetes yang bisa diterapkan dengan mudah. Seperti yang diketahui, menjalani puasa adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Namun, untuk beberapa orang yang mempunyai masalah kesehatan pastinya akan sering mengalami batal puasa.

Tentunya hal tersebut sangat mengganggu. Karena seseorang yang batal puasanya harus melakukan puasa di hari lain sebagai gantinya atau melakukan pembayaran dalam bentuk lain. Salah satu masalah yang kerap dialami adalah seseorang dengan masalah diabetes.

Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes yang Aman dan Mudah

layanan di klinik rolas medika

Sebagai umat Muslim, tentunya ingin sekali jika puasanya dilakukan secara penuh, bukan? Lalu, bagaimana dengan penderita diabetes yang ingin melakukan puasa secara penuh? Berikut beberapa tips yang bisa dicoba dengan mudah dan tentunya aman diterapkan.

Hindari Makan Secara Berlebihan

Salah satu tips mudah bagi Anda yang mengalami diabetes saat puasa adalah menghindari makan secara berlebihan. Seseorang biasanya akan makan dalam jumlah banyak saat sudah berbuka atau pun saat ingin memulai puasa. Hal ini bagi beberapa orang sebagai pembalasan karena sudah menahan lapar.

Baca juga : Tips Pola Hidup Sehat Usia 30 tahunan

Namun, bagi Anda yang mengalami diabetes, menghindari makan secara berlebihan sangat penting. Hal ini karena makan banyak setelah berpuasa seharian bisa memicu terjadinya lonjakan gula darah sehingga bisa membahayakan penderita diabetes.

Memenuhi Asupan Cairan

Tips puasa bagi penderita diabetes adalah dengan memenuhi asupan cairannya dalam tubuh. Hal ini karena seseorang yang mengalami diabetes biasanya akan lebih mudah mengalami dehidrasi karena kurangnya cairan selama berpuasa seharian penuh. Alhasil, saat puasa, tentunya tubuh tidak akan mendapat cairan yang cukup.

Tentu saja hal itu bisa memperburuk kondisi penderitanya. Oleh karena itu, cobalah untuk mencukupi asupan cairan saat sudah berbuka puasa dan sahur. Namun, penting diketahui, hindari untuk mengonsumsi minuman yang terlalu manis atau yang mengandung kafein, ya. Karena kedua jenis minuman ini mempunyai risiko untuk menimbulkan dehidrasi.

Menghindari Makan Tinggi Karbohidrat dan Lemak

Ada lagi tips lainnya yang bisa dicoba untuk Anda yang ingin berpuasa tapi mempunyai riwayat diabetes. Caranya adalah dengan menghindari makan tinggi akan karbohidrat dan lemak. Contohnya nasi dan roti tawar. Hal ini karena makanan tersebut bis meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Alhasil, penderitanya bisa mengalami peningkatan kadar gula darah. Nah, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Misalnya pisang, apel, wortel, dan brokoli. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, tentunya puasa seharian tidak akan menjadi masalah nantinya.

Memantau Gula Darah Saat Puasa

Tips lainnya yang harus Anda coba adalah memantau gula darah saat puasa. Hal ini penting dilakukan untuk seseorang yang mengalami diabetes. Tujuannya untuk memantau apakah puasa bisa dilanjutkan satu bulan penuh atau hanya sesuai kondisi tubuh saja. Jika kadar glukosa darah < 4,0 mmol/L atau > 16 mmol/IL, maka seseorang bisa mengakhiri puasanya. Apalagi jika saudah ada tanda-tanda atau gejala glukosa darah rendah. Mulai dari pusing, keringat, perasaan gemetar, kelaparan, kebingungan, sampai palpitasi.

Mengurangi Aktivitas Fisik

Penderita diabetes disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik secara berlebihan saat menjalani puasa. Hal ini karena tindakan tersebut bisa menyebabkan terjadinya hipoglikemia atau kondisi ketika kadar gula darah berada di bawah normal.

Anda bisa menerapkan tips puasa bagi penderita diabetes di atas dengan mudah. Namun, ada baiknya untuk melakukan konsultasi kepada dokter. Karena tidak semua penderita mempunyai kondisi fisik yang kuat sehingga bisa menjalankan puasa.

 

Leave a Reply