You are currently viewing 5 Tips Bugar dengan Olahraga saat Berpuasa
  • Post category:Artikel

5 Tips Bugar dengan Olahraga saat Berpuasa

Rolasmedika.co.id – Memiliki tubuh bugar dengan olahraga saat berpuasa harus dilakukan agar tetap semangat saat melakukan kegiatan penting lainnya. Tubuh yang bugar juga bisa menjaga kesehatan tubuh walaupun sedang berpuasa. Sehingga badan sehat dan ibadah tetap terjaga sepenuhnya.

5 tips bugar dengan olahraga saat berpuasa bisa dilakukan dengan mudah. Cobalah untuk melakukannya dengan hal yang ringan agar tidak terasa berat dan mencegah rasa haus datang lebih cepat.

5 Cara Bugar dengan Olahraga saat Berpuasa

berpuasa saat olahraga yang dapat dilakukan oleh muslim
tips olahraga saat puasa agar tetap bugar

5 cara bugar dengan olahraga saat berpuasa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Terlebih saat puasa, kesehatan bisa menurun dengan mudah karena tubuh tidak mendapatkan asupan yang cukup sampai waktu berbuka. Cobalah olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa agar tubuh tetap bugar.

Perhatikan Waktu Melakukan Olahraga

Olahraga saat bulan puasa bisa meningkatkan kebugaran tubuh dengan baik. Tetapi, saat melakukannya harus diperhatikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Tujuannya, agar tidak memaksa tubuh melakukan hal yang berat saat asupan tubuh sedang berkurang.

Olahraga yang baik saat berpuasa dilakukan pada saat berbuka. Sebab, pada saat tersebut tubuh sudah mendapatkan asupan yang cukup dan bisa melakukan pembakaran energi. Selain itu juga bisa dilakukan 30-60 menit sebelum buka puasa, agar setelah selesai tubuh mendapatkan asupan makanan dengan waktu yang tidak lama.

Melakukan Olahraga Ringan

Perhatikan apa saja olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa. Tujuannya, agar tidak memaksa tubuh untuk melakukannya. Pastikan olahraga yang dilakukan masih tergolong ringan dan mudah, seperti pilates, yoga, dan jogging. Aktivitas tersebut mudah dilakukan oleh tubuh saat berpuasa dan membuat lebih tenang.

Baca juga : Tips Atasi Bau Mulut saat Berpuasa 

Pastikan jangan mencoba mengangkat benda berat karena bisa membuang energi yang cukup banyak. Perhatikan bagaimana kekuatan tubuh untuk melakukannya. Kenal dengan kondisi tubuh bisa mengetahui kapan waktu berhenti setelah melakukan olahraga.

Asupan yang Cukup saat Berbuka

Setelah melakukan olahraga sebelum jam buka, pastikan untuk menyiapkan makanan dan minuman yang sesuai. Tujuannya, agar nutrisi pada tubuh bisa maksimal dan cukup untuk didapatkan. Jangan lupa untuk mengonsumsi minuman yang cukup untuk tubuh agar tidak terkena dehidrasi. Sebab, saat berolahraga di bulan puasa bisa meningkatkan cairan tubuh yang keluar dari tubuh. Maka, pastikan minum air putih yang cukup dan mengurangi aktivitas di luar saat siang hari.

Mengenal Kondisi Tubuh

Mengenal kondisi tubuh sangat penting dilakukan sebelum melakukan olahraga saat berpuasa. Pasalnya, asupan dan energi yang ada pada tubuh sangat minim saat berpuasa. Jika dipaksakan untuk olahraga bisa berdampak pada kelelahan dan kekurangan oksigen. Pastikan kenali dahulu tubuh apakah bisa melakukan olahraga saat puasa.

Waktu Tidur yang Cukup

Setelah berbuka dan melakukan sholat, pastikan untuk istirahat secara cukup selama bulan Ramadhan. Cara yang dapat dilakukan adalah memiliki waktu tidur yang cukup pada 7-9 jam per hari. Tujuannya, agar tubuh bisa beristirahat dengan baik setelah melakukan aktivitas dan berpuasa seharian.

Selain jam tidur malam, tubuh juga membutuhkan istirahat yang cukup saat siang hari. Pastikan, istirahat sejenak untuk menjaga kinerja tubuh tetap stabil. Tidur siang bisa dilakukan jika memiliki waktu istirahat yang lebih.
5 tips bugar dengan olahraga saat berpuasa bisa didapatkan dengan mengetahui kondisi tubuh yang dirasakan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengetahui bagaimana keadaan tubuh saat aktivitas. Sebab, nutrisi dan asupan yang kurang saat berpuasa sangat rentan untuk terpapar virus. Pastikan mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup saat buka puasa.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda yang tengah menjalani ibadah puasa. Follow akun sosial media @rolasmedika untuk update seputar kegiatan dan promosi dari Rolas Medika.

Leave a Reply