You are currently viewing 6 Cara Kontrol Asupan Gula Pada Anak – Rolas Medika
  • Post category:Artikel

6 Cara Kontrol Asupan Gula Pada Anak – Rolas Medika

Rolasmedika.co.id – Konsumsi gula berlebih pada usia anak-anak dapat memberikan banyak dampak buruk bagi tubuh. Jika konsumsi gula tidak terkontrol, maka anak-anak bisa menderita obesitas dan punya risiko menderita diabetes di usia muda. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan kontrol konsumsi gula pada anak. Jangan sampai dibebaskan begitu saja dan berpengaruh buruk bagi kesehatannya di masa depan.

Membatasi Konsumsi Gula pada Anak

gula pada anak bisa sangat berbahaya

Menerapkan pola makan yang sehat sejak dini sangatlah penting. Terutama konsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Anak-anak biasanya memang menyukai makanan manis jadi berbahaya jika tidak dikontrol dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa membatasi konsumsi gula pada anak:

Berikan Jadwal Camilan

Salah satu sumber gula yang paling banyak masuk ke tubuh anak adalah dari camilan. Camilan ini juga jenisnya sangat beragam bisa es krim, cokelat, permen, dan lain sebagainya. Pastikan untuk mulai lebih ketat lagi dalam memberikan camilan pada anak, terutama jenis camilan yang manis.

Tidak masalah jika anak ingin makan camilan. Selama anak sudah menyelesaikan menu makan utama mereka dan memang butuh asupan camilan. Namun pastikan untuk memakai jadwal pemberian camilan yang tepat. Jadi atur waktu kapan saja anak bisa makan camilan. Jika tidak dijadwalkan maka anak jadi merasa bebas makan kapan saja dan akhirnya kadar gula tidak terkontrol.

Biasakan Anak Minum Air Putih

Cara kontrol konsumsi gula pada anak berikutnya adalah biasakan untuk minum air putih. Pastikan anak terbiasa minum air putih dan menghindari aneka jenis minuman kemasan yang kadar gulanya tinggi. Ini juga sangat penting karena banyak anak yang kecanduan minum minuman manis. Sebenarnya tidak masalah jika sesekali mengonsumsi minuman kemasan yang manis, tapi jangan berlebihan.
Ajak anak untuk terbiasa minum air putih dalam kesehariannya. Siapkan botol minum yang lucu agar anak semangat minum air putih. Sebisa mungkin anak jangan diperkenalkan dengan minuman kemasan yang manis, apalagi sengaja disediakan di rumah.

Perbanyak Konsumsi Makanan Rumahan

Makanan kemasan dan makanan cepat saji memiliki kandungan gula dan garam yang sangat tinggi. Jadi penting sekali untuk membatasi konsumsinya agar tidak berbahaya bagi tubuh. Ajak anak untuk lebih banyak mengonsumsi makanan rumahan. Di sini, peran ibu memang sangat besar karena perlu punya inisiatif untuk membuat makanan sendiri di rumah.

Penting juga untuk membatasi penggunaan gula saat membuat makanan di rumah. Ini akan membantu anak terbiasa untuk tidak mengonsumsi makanan yang manis. Penuhi gizi anak dengan memasak bahan makanan berkualitas dan bergizi seimbang. Tidak hanya sayur dan buah tapi juga aneka jenis protein hewani yang baik untuk tubuh.

Ajak Anak Mengonsumsi Buah

Anda juga bisa mengajak anak untuk mengonsumsi buah-buahan supaya konsumsi gula lebih terkontrol. Buah bisa jadi pilihan camilan yang lebih sehat untuk menggantikan makanan atau camilan manis-manis. Selain itu buah-buahan ini juga bisa jadi sumber vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh si kecil.

Banyak sekali jenis buah yang bisa diberikan kepada anak. Anak juga bisa memilih buah apa yang paling mereka favoritkan. Jika perlu, buah-buahan tadi juga bisa diolah jadi camilan yang tidak membosankan. Asalkan penggunaan gula atau pemanisnya tetap terkontrol. Jika anak sudah terbiasa mengonsumsi buah dan mengenal aneka jenis buah, maka mereka pasti akan menyukainya.

Biasakan Anak Berolahraga

Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Olahraga ini tidak hanya penting untuk orang dewasa namun juga bagi anak-anak. Aktivitas olahraga akan membantu tubuh tetap sehat dan sangat efektif untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Jangan biarkan anak bermalas-malasan sambil main gadget, apalagi diiringi makan camilan yang manis-manis.

Banyak sekali jenis aktivitas olahraga yang bisa dilakukan bersama anak. Misalnya saja main lempar bola, berenang, dance, dan lain-lain. Jadikan aktivitas olahraga ini sama serunya dengan bermain. Gunakan kreativitas agar anak merasa senang untuk berolahraga karena memang seperti bermain biasa.

Ajarkan Pola Makan Sehat

Kontrol konsumsi gula pada anak bisa dilakukan jika Anda membiasakan anak untuk makan makanan sehat. Sebenarnya anak akan suka makanan sehat jika terbiasa untuk mengonsumsinya sejak kecil. Sajikan makanan yang sehat seperti sayur dan aneka jenis buah. Hindari jenis makanan yang kadar gula dan garamnya tinggi. Sesekali tidak masalah makan frozen food dan junk food asalkan masih tetap terkontrol.

Pada dasarnya memang kontrol konsumsi gula pada anak ini membutuhkan pembiasaan dari orang tua. Jika orang tua membiasakan anak untuk makan makanan sehat dan tidak terbiasa makan camilan manis-manis pasti mudah untuk dilakukan. Selain bisa mencegah obesitas dan menurunkan risiko penyakit diabetes, kontrol gula ini juga bisa membantu anak punya daya tahan tubuh yang lebih baik.

Coorporate Communication
PT Rolas Nusantara Medika

 

Leave a Reply