You are currently viewing Bakti Sosial Akbar, Kolaborasi RSU Kaliwates dengan Fakultas Kedokteran Universitas Jember
  • Post category:Artikel

Bakti Sosial Akbar, Kolaborasi RSU Kaliwates dengan Fakultas Kedokteran Universitas Jember

JEMBER – Minggu, 19 Juni 2022, dalam rangka pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Jember berkolaborasi bersama Rumah Sakit Kaliwates menggelar kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat. Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti sosial ini dilaksanakan di Dusun Gayasan, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember dengan rangkaian kegiatan pemeriksaan gratis yang ditujukan bagi para petani dan masyarakat setempat. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan sasaran 550 peserta.

Pelayanan diawali dengan pengisian identitas lengkap peserta, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan laboratorium, serta pemeriksaan dokter. Obat-obatan pun diberikan gratis sesuai dengan kebutuhan peserta. Pemeriksaan kesehatan ditujukan utamanya untuk masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai petani yang notabene sering terpapar pestisida. Selain dalam rangka kemanusiaan, diharapkan kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk mempererat hubungan sinergi antara RSU Kaliwates dengan Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Bukan hanya itu, kegiatan ini juga melibatkan pihak lain untuk bersinergi bersama dalam kegiatan kemanusiaan diantaranya Bank Syariah Indonesia Cabang Jember, Laboratorium SIMA dan Parahita. Tujuannya juga nanti semua kegiatan penelitian dan KKN akan diarahkan ke Desa Jenggawah ( termasuk dilokasi saat ini dusun Gayasan dan curah buntu) sebagai tindak lanjut kegiataan saat ini.

 

Koresponden:
Vina P.
RSU Kaliwates

Leave a Reply