You are currently viewing 10 Manfaat Senam Hamil bagi Ibu Hamil dan Janin
senam hamil di rsu kaliwates, rolas medika
  • Post category:Artikel

10 Manfaat Senam Hamil bagi Ibu Hamil dan Janin

Rolas Medika – Ada begitu banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh Ibu hamil. Selain mudah dilakukan beberapa jenis olahraga aman dilakukan selama hamil. Manfaat senam hamil pun sangat banyak bagi kesehatan Ibu dan janin. Kehamilan memang kerap membuat tubuh menjadi lebih cepat merasa lelah. Sehingga tidak heran jika kebanyakan Ibu hamil akan sering berbaring. Namun, tidak bergerak secara aktif saat hamil justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Bahkan dapat mempersulit proses persalinan nantinya. Itulah mengapa Ibu hamil juga dianjurkan untuk olahraga.

Manfaat Senam Hamil bagi Ibu Hamil dan Janin

rolas medika memiliki anak perusahaan rsu kaliwates yang menggelar senam hamil

  • Mempermudah proses persalinan, dari beberapa penelitian, senam ketika masa kehamilan bisa mempermudah dan mempersingkat waktu persalinan. Melakukan senam yang ringan bisa membantu otot panggul dan jalan lahir menjadi lebih kuat serta membantu memperlancar sistem peredaran darah. Sehingga, bumil pun mempunyai stamina saat mengejan dan mendorong janin keluar dari rahim.
  • Membuat tidur menjadi lebih nyenyak, sulitnya menemukan posisi tidur yang nyaman menjadi permasalahan yang kerap dirasakan oleh Ibu hamil. Dengan rutin senam selama hamil, maka akan membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Hal ini terjadi karena kondisi tubuh yang telah letih sehabis senam akan membuat Anda tertidur lebih cepat, lelap serta lebih lama. Tidak hanya itu saja, senam juga bisa merangsang tubuh dalam menghasilkan hormon endorfin. Di mana hormon satu ini berfungsi dalam membuat pikiran menjadi tenang, stres berkurang serta meningkatkan kualitas tidur.
  • Menurunkan risiko komplikasi, manfaat senam hamil selanjutnya adalah mencegah terjadinya komplikasi ketika kehamilan. Hal ini lantaran ketika hamil kadar gula darah dalam tubuh biasanya cenderung tinggi, sehingga bumil akan rentan terserang diabetes gestasional. Senam hamil selain mencegah diabetes, tapi olahraga satu ini juga berpeluang dalam menurunkan risiko preeklampsia serta menjaga tekanan darah normal ketika hamil.
  • Membantu menurunkan berat badan, setelah melahirkan tidak sedikit wanita yang kesulitan dalam menurunkan berat badan. Namun, dengan rutin melakukan senam hamil maka bisa membantu menurunkan berat badan berlebih selama kehamilan serta ketika sesudah melahirkan.
  • Mencegah sembelit, sembelit adalah kondisi yang paling umum dialami selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan kondisi kadar hormon progesteron yang tinggi, tekanan pada dubur selama masa kehamilan, dan melambatnya pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Namun, tidak perlu khawatir dengan olahraga seperti senam hamil maka bisa membantu mencegah sembelit. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi.
  • Mengurangi rasa nyeri, manfaat senam hamil yang keenam yakni membantu tubuh mengatasi rasa sakit atau nyeri yang biasanya dialami selama masa kehamilan. Apabila Anda mengalami sakit punggung, nyeri panggul atau rasa nyeri di bagian kaki, sebaiknya melakukan senam hamil secara rutin. Selain senam hamil bisa pula dengan berjalan kaki hingga yoga.
  • Mengurangi stres, bukan rahasia lagi apabila kehamilan dapat mempengaruhi suasana hati dan menyebabkan ibu hamil rentan stres.Kondisi ini tidak dapat dipandang sebelah mata karena stres tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan mental bumil. Menariknya, senam hamil dapat membuat tubuh melepaskan banyak zat serotonin dan endorfin sehingga suasana hati menjadi lebih baik.
  • Mengurangi risiko lahiran caesar, pastinya semua wanita berharap dapat melahirkan secara normal. Oleh karena itu, jika Anda ingin lahiran secara normal ada baiknya untuk melakukan senam hamil. Senam hamil secara rutin bisa menurunkan risiko melahirkan dengan forsep, operasi caesar, atau episiotomi. Tidak perlu meluangkan waktu terlalu lama, cukup dengan 20 hingga 30 menit setiap harinya.
  • Meningkatkan kecerdasan bayi, jika ibu rutin melakukan senam hamil selama masa kehamilan maka hal ini dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Dari salah satu laporan diketahui jika latihan fisik, termasuk senam hamil dapat meningkatkan bahan kimia serotonin di otak serta meningkatkan kecerdasan otak bayi ketika lahir.
  • Meningkatkan kesehatan jantung bayi, dari sebuah penelitian ditemukan jika Ibu hamil yang rutin senam hamil bisa berdampak pada denyut jantung bayi pada usia 36 minggu kehamilan. Penelitian selanjutnya yang dilakukan pada tahun 2014 menyampaikan jika efek olahraga seperti senam hamil dapat berdampak pada kesehatan jantung bayi setelah lahir. Oleh karena itu, rutinlah senam hamil demi mendukung kesehatan jantung ibu dan juga bayi.

Jadwal Senam Kehamilan di RSU Kaliwates

Faktanya senam hamil memiliki banyak manfaat untuk Ibu dan juga janin. Maka dari itu, sangat disayangkan jika olahraga satu ini tidak dimasukkan ke dalam list. Terlebih Anda tidak harus meluangkan waktu terlalu lama, karena senam hamil dapat dilakukan dalam kurun waktu 20 hingga 30 menit setiap hari. Mulai dengan melakukan pemanasan selama 5 menit dan peregangan selama 5 menit. Selanjutnya lakukan latihan ringan sebelum pada akhirnya melakukan pendinginan. Agar bisa merasakan manfaat senam hamil, jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat, ya.

senam hamil di rsu kaliwates

Jadwal Senam Kehamilan Rolas Maternity Class di RSU Kaliwates akan diupdate di laman Instagramnya. Yuk Follow Instagram @rsu.kaliwates dan @rolasmedika juga ya agar tak sampai ketinggalan informasinya.

Coorporate Communication
PT Rolas Nusantara Medika

 

 

 

Tinggalkan Balasan