You are currently viewing Waspada Penyakit Hepatitis Akut
  • Post category:Artikel

Waspada Penyakit Hepatitis Akut

RolasMedika.co.id – Waspada penyakit Hepatitis akut harus dilakukan oleh semua orang, terutama yang mempunyai anak kecil. Beberapa negara sudah menyatakan sebagai kejadian luar biasa yang cukup meresahkan. Penyakit ini dapat menyerang anak-anak dari usia 1 sampai 16 tahun. 

Hepatitis akut muncul pertama di Inggris pada bulan April 2022 dan sudah memakan banyak korban. Berbeda dengan hepatitis pada umumnya, jenis akut tidak disebabkan oleh virus yang sama. Agar bisa sembuh kembali, pasien harus mendapat penanganan serius.

Waspada terhadap penyakit Hepatitis akut

Berdasarkan Kompas.com pada tanggal 22 Mei 2020, hepatitis akut sudah menyerang lebih dari 34 negara dan menjangkiti 600 anak. Sampai sekarang penyebabnya belum diketahui. Akibat dari penyakit ini, pasien dapat mengalami pembengkakan hati. Kemungkinan penyebab hepatitis akut adalah Adenovirus, ABV dan SARS CoV-2. Bagian tubuh yang mendapat serangan saluran pernapasan dan pencernakan.

Gejala 

Waspada Penyakit Hepatitis akut harus terus dijalankan karena semakin banyak pasien yang terjangkit dan belum ditemukan tindakan preventif yang tepat. Sampai sekarang penyakit ini masih misterius.

Hepatitis akut menyerang pasien dengan sangat cepat. Penyebab pastinya pun belum dapat diketahui. Secara umum, gejala yang nampak dapat terbagi 3, yaitu:

  • Awal : pasien menderita mual, sakit perut dan diare
  • Kedua : mata mulai menguning yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh
  • Ketiga : tahap lanjutan. Pada saat ini kondisi pasien semakin memburuk. Secara fisik tanda yang terlihat adalah urine berubah warna menjadi keruh dan seperti teh. Bahkan kadang muncul lendir pada feses. Tidak jarang pada tahap ini terjadi pembekuan darah, kejang dan penurunan kesadaran. 

Sebaiknya semua orangtua waspada. Jika terjadi gejala awal, segera membawa anak ke fasilitas kesehatan untuk mendapat penanganan lanjutan. Lambat mendapat penanganan dapat berakibat fatal. 

Cara menular

Sampai saat ini memang belum ada hasil penelitian yang dapat membuktikan proses penyebaran hepatitis akut. Namun ahli kesehatan memprediksi Hepatitis akut dapat menyebar melalui pernapasan dan udara.

Cara ini menyebabkan banyak anak yang terjangkit dalam waktu cepat.  Perilaku hidup sehat sangat penting agar penyakit ini dapat segera teratasi. Perkembangannya yang cepat cukup menyita perhatian dunia kesehatan. 

Cara Pencegahan

Kecepatan perkembangan penyakit ini hampir sama dengan Covid 19 dan pertama terjadi di Inggris. Pada tanggal 15 April 2022, World Health Organization atau WHO menyatakan Hepatitis akut sebagai Kejadian Luar Biasa atau KLB. 

Pola hidup sehat seperti penanganan Covid 19 dapat diterapkan untuk mencegah kemungkinan terjangkit. Langkah antisipasi jauh lebih mudah daripada proses penyembuhan. Karena menyerang saluran pernapasan dan pencernaan, cara pencegahannya pun harus terfokus pada dua hal tersebut.

Saluran pernapasan

  1. Gunakan masker kesehatan yang berkualitas. Dalam penggunaan masker, fungsi dan keamanan perlu mendapat perhatian. Begitu juga cara memasangnya sehingga virus tidak masuk dan berkembang.
  2. Jaga jarak dan hindari kerumunan

Kita tidak tahu siapa yang terjangkit penyakit. Oleh karena itu menghindari kerumunan merupakan cara pencegahan terbaik. Jika tidak terlalu penting, kurangi mobilitas. 

Saluran pencernaan

  1. Pastikan asupan makanan bergizi dan matang sempurna

Virus dapat menempel pada makanan. Pengolahan yang tepat dapat meminimalkan perkembangannya. Pastikan memasak dengan cara higienis dan mempertahankan gizinya. Asupan vitamin dan mineral dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tahan terhadap penyakit. 

  1. Membawa alat makan sendiri

Bergantian alat makan merupakan salah satu cara penyebaran penyakit. Sebaiknya membawa alat makan sendiri dan mencucinya dengan bersih. Perhatikan juga kondisi lingkungan dan tempat makan. 

  1. Mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan sabun dapat menghindarkan perkembangan penyakit. Gunakan air bersih yang mengalir dan gosok setiap bagian tangan beberapa menit untuk memastikan kuman penyakit sudah mati. 

Waspada penyakit Hepatitis akut harus dilakukan oleh semua orang. Menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari kontak dengan pasien merupakan langkah tepat agar KLB segera dapat teratasi. Semua orang harus berperan aktif dalam mencegah penyebaran Hepatitis akut. 

Leave a Reply