You are currently viewing 3 Fakta Omicron yang Wajib Kamu Ketahui, Cepat Menyebar ?
  • Post category:Artikel

3 Fakta Omicron yang Wajib Kamu Ketahui, Cepat Menyebar ?

Omicron merupakan varian baru virus Covid-19 dimana kasusnya pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada akhir November 2021 lalu. Semenjak diumumkan untuk pertama kalinya, varian omicron cepat menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Penyebarannya yang tergolong cepat merupakan salah satu fakta omicron yang membedakan dengan varian sebelumnya.

Di Indonesia kasus ini pertama kali ditemukan pada seorang petugas kebersihan di wisma atlit Indonesia yang terkonfirmasi terjangkit varian omicron. Melihat penemuan tersebut, pemerintah dengan tanggap menerapkan berbagai kebijakan, dimana salah satunya yaitu melakukan pemerataan vaksinasi sebagai langkah untuk meminimalisir dampak fatal yang diakibatkan oleh virus Covid-19.

Fakta Omicron yang Membedakan dengan Varian Sebelumnya

Seiring berjalannya waktu, virus Covid-19 mengalami banyak mutasi. Setelah sebelumnya varian alpha, beta, gamma, delta hingga saat ini kembali muncul varian baru yang bernama omicron. Tentu setiap mutasi baru juga membawa karakteristik virus yang berbeda terkait bagaimana penyebarannya dan dampak yang ditimbulkan.

Nah, berikut ini merupakan 3 fakta omicron yang wajib kamu ketaui.

  1. Cepat Menyebar

Dibandingkan dengan varian sebelumnya, organisasi kesehatan dunia atau WHO menyebutkan bahwa varian omicron lebih mudah menyebar. Virus ini juga mempunyai mutasi yang banyak hingga 30 mutasi pada protein sehingga mengakibatkan vaksin Covid-19 tidak dapat bekerja secara maksimal dalam membentuk antibodi tubuh.

Akan tetapi kita tidak boleh khawatir berlebihan. Kuncinya terletak pada penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman saat berinteraksi dengan orang lain. Langkah tersebut sangat efektif untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 varian omicron.

  1. Gejala Omicron

Fakta omicron selanjutnya yakni terletak pada gejal yang ditimbulkan. Pada dasarnya setiap mutasi baru memiliki gejala yang hampir sama seperti badan meriang, batuk hingga pilek. Akan tetapi juga terdapat gejala yang identik dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Nah, pada seseorang yang terpapar varian omicron biasanya mengalam nyeri pada seluruh tubuh, sakit kepala hingga kelelahan yang berlebihan. Di sisi lain ada gejala identik yang ditimbulkan oleh varian ini yaitu munculnya radang tenggorokan. Hal tersebut dapat menjadi pertanda seseorang terpapar omicron.

  1. Telah Menyebar di 89 Negara

Semenjak kasus varian omicron diumumkan pertama kali di Afrika Delatan pada akhir November lalu, virus varian ini telah menyebar ke berbagai negara dalam waktu yang tergolong singkat. Sampai saat ini setidaknya 89 negara telah terpapar virus Covid-19 varian omicron.

Menurut WHO virus varian omicron memang dikenal cepat dalam penyebarannya dibandingkan varian sebelumnya. Di Indonesia sendiri varian omicron juga cepat menyebar setelah pada awalnya menjangkit petugas kebersihan di wisma atlit.

Ketiga fakta omicron di atas merupakan ciri identik yang dapat membedakan varian Covid-19 yang sebelumnya telah muncul. Salah satu yang perlu digarisbawahi bahwa varian omicron memiliki tingkat penyebaran yang cepat. Menanggapi hal demikian tentu kita tidak boleh khawatirkan berlebihan. Langkah preventif yang dapat kita ambil yakni menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Stay safe, ya.

Leave a Reply