You are currently viewing 5 Tips Mudah Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa
bau mulut saat berpuasa
  • Post category:Artikel

5 Tips Mudah Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Rolasmedika.co.id – Bau mulut merupakan salah satu hal yang paling mengganggu apabila ingin bertemu orang lain. Apalagi di bulan suci Ramadhan ini, bau mulut akan lebih sering terjadi dikarenakan tidak adanya aktivitas makan selama lebih dari 12 jam. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana atasi bau mulut saat berpuasa.

Cara Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa

napas yang tidak sedap bisa mengganggu
Simak tips mudah atasi bau mulut saat sedang berpuasa

Meski tengah berpuasa, tentu kita akan tetap menjalankan berbagai macam aktivitas, seperti bekerja, mengobrol dengan tetangga, bertemu klien, dan lain-lain. Namun, terkadang bau mulut sering menyerang. Penyebab bau mulut ini karena adanya kondisi halitosis akibat tidak adanya aktivitas makan dan minum selama berjam-jam.
Agar tetap percaya diri saat bertemu orang lain, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa berikut ini.

Gunakan Mouthwash

Ketika tidak ada aktivitas makan dan minum selama berjam-jam, bakteri di mulut akan berkumpul lebih banyak dan menimbulkan bau. Untuk menghilangkan bakteri tersebut, Anda bisa berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash.

Namun, usahakan menggunakan mouthwash yang tidak memiliki kandungan alkohol dan pastikan jenis obat kumur tersebut dapat benar-benar membunuh bakteri di mulut. Berkumur secara rutin ini dapat membantu Anda menghilangkan bau mulut saat puasa.

Sikat Gigi

Setelah berbuka dan sahur, usahakan tetap sikat gigi secara menyeluruh. Pastikan mengenai bagian dalam mulut dan sela-sela gigi. Hal ini dapat membantu Anda menghilangkan bau mulut selama puasa karena tidak adanya sisa makanan yang tersangkut dan menyebabkan bakteri bekembang biak.

Apabila dibutuhkan, Anda bisa menyikat gigi di siang maupun sore hari. Lalu, jika Anda tidak nyaman menggunakan pasta gigi, Anda cukup membasahi sikat gigi saja dengan air. Lalu, usahakan juga untuk mengganti sikat gigi setiap dua atau tiga bulan sekali agar tidak terjadi pertumbuhan bakteri.

Membersihkan Lidah

Cara atasi bau mulut saat berpuasa adalah dengan membersihkan lidah. Hal ini karena lidah bisa menjadi sarang bakteri dan membuat napas menjadi tidak sedap. Anda bisa membersihkan lidah dengan alat pembersih khusus lidah yang sudah banyak di pasaran.

Selain menjaga kebersihan lidah, hal ini juga merupakan salah satu cara menghilangkan bau maulut. Lalu, ketika akan membersihkan lidah, Anda tidak perlu menggunakan air atau pasta gigi. Namun, tetap pastikan alat pembersihnya tetap dalam keadaan bersih ya.

Menjaga Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi juga bisa mempengaruhi terjadinya bau mulut. Hal ini biasa terjadi apabila terdapat bakteri pada dasar gigi sehingga menyebabkan bau. Untuk itulah penting seali menjaga kebersihan gigi dan mulut agar gusi tetap sehat. Untuk menghilangkan bau mulut karena masalah gusi tersebut, Anda bisa langsung melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Sehingga apabila terjadi kondisi gingivitis atau periodontitis dapat ditangi secara langsung.

Baca juga : Tips Puasa bagi Penderita Diabetes

Meminum Jus Buah

Selain air putih, Anda juga bisa meminum jus buah untuk menghilangkan bau mulut. Contohnya saja seperti buah nanas yang cocok mengatasi masalah ini.

Memang belum ada penetilian secara spesifik mengenai khasiat buah nanas dalam mengatasi peradangan di dalam tubuh. Namun, nanas memiliki senyawa bromelain yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menurunkan infeksi akibat bakteri.

Selain nanas, Anda juga bisa menggunakan jeruk sebagai minuman buka puasa. Buah jeruk sendiri sangat baik menjaga kesehatan gigi dan mulut karena memiliki kandungan vitamin C.

Itulah 5 cara mudah dalam atasi bau mulut saat berpuasa. Semoga dengan mengatasi bau mulut, puasa kita semakin lancar dan berkah. Anda juga dapat memeriksakan masalah kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi di Rumah Sakit Bhakti Husada, RSU Kaliwates maupun di Grup Klinik Rolas Medika.

Leave a Reply