You are currently viewing Pentingnya Medical Check Up
  • Post category:Artikel

Pentingnya Medical Check Up

Rolasmedika.co.id – Menjaga kesehatan dapat memangkas biaya pengobatan yang selalu naik setiap waktu. Pentingnya medical check up menjadikan pemeriksaan ini perlu melakukannya secara rutin meski dalam keadaan sehat. Setidaknya satu kali dalam setahun sebaiknya melakukan pemeriksaan pada layanan kesehatan terpercaya.

Medical check up sendiri melalui beberapa tahap untuk dapat mengetahui status kesehatan seseorang secara menyeluruh. Meski harus mengeluarkan biaya tidak sedikit, namun secara finansial lebih menguntungkan daripada terlanjur sakit parah dan harus berobat.

Pengertian Medical Check Up

rolas medika merupakan induk perusahaan dari rsu kaliwates dan rsu bhakti husada yang sering dipercaya oleh perusahaan untuk test medical check up

Seperti namanya, medical check up adalah proses pemeriksaan kesehatan seseorang. Dari hasil pemeriksaan akan mendapat informasi apakah ada gejala sakit yang belum muncul namun berpotensi mengganggu kesehatan pada masa mendatang. Dengan demikian pasien bisa mengobatinya sejak dini.

Bagi lansia, pemeriksaan ini sangat penting karena kondisinya yang rentan terhadap penyakit. Sedangkan bagi yang masih berusia muda fungsinya pun sama pentingnya untuk tetap menjaga tubuh agar tetap sehat.

Tujuan medical check up

Kondisi kesehatan seseorang dapat mengalami penurunan secara bertahap, terutama jika terjadi kerusakan atau berkurangnya fungsi organ. Namun karena gejala sakit belum terasa, banyak yang mengabaikannya. Setelah kondisi parah, biasanya baru pasien akan berobat. Sayangnya banyak yang terlambat dan tidak tertolong.

Untuk menghindari hal tersebut perlu melakukan medical check up secara rutin. Sedangkan jenis pemeriksaan masing-masing orang berbeda tergantung kebutuhan. Setidaknya ada beberapa hal yang diperiksa, yaitu tekanan darah, jantung, kadar kolesterol dan kadar gula. Tujuan medical check up adalah:

  • Memeriksa apakah ada kemungkinan penyakit yang indikasinya belum terlihat namun berpotensi mengganggu kesehatan pada masa mendatang.
  • Mengidentifikasi penurunan kerja organ tubuh yang menyebabkan sakit.
  • Mendeteksi terjadinya penurunan status kesehatan seseorang.
  • Mengetahui kondisi imunitas seseorang terhadap penyakit tertentu.
  • Memastikan apakah membutuhkan pemeriksaan lanjutan.
  • Langkah awal sebelum melakukan operasi atau tindakan medis lain.

Pentingnya Medical Check Up Bagi Kesehatan

Medical chek up merupakan deteksi dini sebelum menyakit perkembang dan mengganggu kesehatan. Karena itu sebaiknya melakukannya secara rutin. Sampai saat ini memang belum semua orang menyadari pentingnya dan baru datang ke pelayanan kesehatan setelah sakit. Kenapa medical check up penting, ini alasannya:
Agar terhindar dari penyakit berbahaya

Dengan pengecekan kesehatan akan mendapat informasi apakah ada penyakit berbahaya baik yang sudah berkembang maupun masih dalam indikasi. Jika ada dapat segera diobati sehingga cepat sembuh.
Hal ini tentu sangat baik karena bisa mencegah terjadinya kerusakan organ dan komplikasi akibat gangguan kesehatan tersebut. Melakukan pencegahan penyakit juga lebih mudah daripada pengobatan. Biayanya pun lebih murah.

Mencegah Perkembangan Penyakit

Penyakit yang terdeteksi sejak dini dapat langsung ditangani sehingga tidak berkembang dan berakibat fatal. Sedangkan penyakit yang sudah terlanjur berkembang juga lebih susah untuk diobati. Apalagi jika sampai kebal terhadap zat yang terkandung pada obat.

Pencegahan perkembangan penyakit juga bisa menjaga tubuh tetap stabil karena organ masih terjaga dan belum terlanjur rusak. Dengan mengetahui penyakit sejak dini, pasien mempunyai lebih banyak waktu untuk memilih opsi pengobatan.

Menghindari Biaya Pengobatan yang Mahal

Setiap waktu biaya pengobatan terus bertambah. Mahalnya alat medis dan obat menyebabkan seseorang harus mengeluarkan uang cukup banyak agar kembali sehat. Jika penyakit tersebut diketahui sejak dini, pasien dapat menghindari kemungkinan harus membayar mahal.

Dapat Mendeteksi gejala sakit dengan akurat

Deteksi penyakit yang akurat penting agar dokter dapat melakukan tindakan medis paling tepat. Dengan medical check up, semua kondisi kesehatan dapat tergambar. Apabila ada potensi berkembangnya penyakit, dapat langsung melakukan pengobatan dengan tepat.

Mencegah Terjadinya Komplikasi Pengobatan

Beberapa kandungan obat dapat memicu dan mengganggu proses kerja organ lain. Karena itu perlu dilakukan pemeriksaan yang detail untuk mengantisipasi terjadinya komplikasi akibat penggunaan obat tertentu.
Upaya pencegahan komplikasi bisa dengan memeriksa kondisi kesehatan secara menyeluruh. Hasil pemeriksaan akan menjadi bahan kajian untuk melakukan pengobatan yang paling tepat sehingga tidak memicu timbulnya penyakit lain.

Semua orang perlu menyadari pentingnya medical check up. Dengan pemeriksaan secara rutin dapat mengetahui kondisi kesehatan terkini sehingga jika muncul gejala penyakit bisa segera diatasi. Anggapan bahwa tindakan ini cukup mahal sangat keliru. Justru medical check up dapat meminimalkan biaya rumah sakit yang terus naik.

Corp Communication

PT Rolas Nusantara Medika

Leave a Reply