You are currently viewing Layanan Maternity Care, Layanan Seputar Kehamilan Sampai Kelahiran
  • Post category:Artikel

Layanan Maternity Care, Layanan Seputar Kehamilan Sampai Kelahiran

Rolasmedika.co.id – Layanan maternity care, layanan seputar kehamilan sampai kelahiran sangat diperlukan untuk menekan angka kematian bayi dan ibu hamil. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat terutama generasi mendatang. Layanan kesehatan terhadap ibu hamil melibatkan banyak pihak antara lain tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, dan sistem pelayanan yang memadai.

Definisi Layanan Maternity Care. Layanan Seputar Kehamilan Sampai Kelahiran

pelayanan pemeriksaan kehamilan di rs bhakti husada

Berdasarkan ketetapan dari Depkes RI (2010), pelayanan kehamilan merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan terlatih untuk ibu selama masa kehamilannya. Pelayanan ini harus sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dalam Standar Pelayanan Kebidanan.

Baca juga : Layanan Fetomaternal, Cari Tahu di Sini

Layanan terhadap ibu hamil mencakup peningkatan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar.

Tujuan Layanan Maternity Care

  • Mendampingi ibu hamil secara optimal dimulai sejak sebelum, selama, dan setelah proses kehamilan dan persalinan.
  • Mendeteksi dini adanya komplikasi atau kelainan selama kehamilan sehingga tindakan pencehagan awal dapat dilakukan.
  • Mempertahankan serta meningkatkan derajat kesehatan ibu dan janin.
  • Membantu ibu hamil mempersiapkan diri baik secara fisik dan mental menghadapi persalinan agar dapat meminimalisasi adanya hambatan dan trauma.
  • Membantu mempersiapkan ibu dan keluarga menghadapi peran baru sebagai orang tua untuk menerima anggota keluarga baru agar tetap sehat baik pertumbuhan dan perkembanganya.
  • Memberikan edukasi terhadap ibu dan keluarga agar bisa menjalani proses paska persalinan dengan aman dan nyaman serta mampu memberikan ASI ekslusif untuk bayi.
  • Mendukung program pemerintah yaitu menekan angka kematian ibu hamil dan bayi.
  • Dalam program layanan terhadap ibu hamil tentu saja tidak bisa lepas dari tenaga kesehatan yang kompeten dalam memberikan layanan yang optimal.
    Tenaga Kesehatan

Tenaga kesehatan yang kompeten memberikan layanan maternity care

  • Kader Kesehatan Program ANC
  • Bidan
  • Dokter
  • Tenaga kesehatan yang mampu memberikan layanan terhadap ibu hamil wajib memiliki pengetahuan tentang penularan COVID-19, serta pengetahuan tentang tanda bahaya dan gejala kegawatdaruratan ibu dan bayi baru lahir.

Mereka juga harus memiliki kemampuan dalam memahami algoritma tata laksana ibu hamil/ibu bersalin/bayi baru lahir dengan komplikasi atau kegawat daruratan dan juga procedural selama dalam situasi pandemi COVID-19.
Kader kesehatan yang telah mendapatkan pelatihan mengenai kehamilan dan kelahiran harus memiliki pengetahuan akan indikasi, pemakaian, melepaskan dan membuang Alat Pelindung Diri (APD) yang dipakai dan mengerti bagaimana penggunaannya dengan benar sesuai tugas di tempat mereka bekerja.

Tenaga kesehatan terkait juga harus menguasai dan memberikan edukasi terhadap ibu hamil dan keluarga dalam melewati masa-masa kehamilan dan setelah persalinan.

Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan yang diharapkan dapat menerapkan layanan maternity care atau ANC (Ante Natal Care) terdiri dari beberapa tingkatan. Layanan terhadap ibu hamil bisa didapatkan di beberapa fasilitas terkait yang memang menyediakan layanan maternity care, layanan seputar kehamilan sampai kelahiran.

1. Klinik Bersalin
2. Puskesmas
3. Rumah Sakit

Fasilitas-fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan ANC dapat dikategorikan dalam beberapa tingkatan.

1. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
Contoh: Puskesmas yang memiliki ruang KIA dan triage dan alur tatalaksana penanganan ibu hamil.
2. Fasiltas Kesehatan Rujukan Tingkat lanjut (FKRTL)
Contoh: Rumah Sakit Umum (RSU), Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA).

Di beberapa fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan maternity care, layanan seputar kehamilan sampai kelahiran juga memberikan inovasi untuk lebih mengoptimalkannya.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat, Persalinan Sectio

Ada yang memberikan informasi seputar persiapan program sebelum rencana kehamilan, seperti proses bayi tabung dan program tabungan ibu dan keluarga dalam hal pendanaan persalinan.
Selain itu ada juga yang menawarkan program olahraga terkait masa kehamilan seperti kelas yoga, meditasi, dan renang. Pelayanan yang kini menjamur untuk ibu hamil adalah layanan maternity care secara telemedicine guna menghindari tatap muka langsung.

Pelayanan secara digital dinilai mampu memberikan kemandirian terhadap ibu hamil dan keluarga dalam melewati masa kehamilan dan persalinannya nanti.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika 

Leave a Reply