You are currently viewing Apa Itu Layanan Fetomaternal? Cari Tahu di Sini!
  • Post category:Artikel

Apa Itu Layanan Fetomaternal? Cari Tahu di Sini!

Rolasmedika.co.id – Apakah sebelumnya Anda sudah pernah mendengar istilah layanan fetomaternal? Jadi fetomaternal sendiri merupakan salah satu subspesialis kebidanan dan kandungan.

Ibu hamil dengan risiko komplikasi kehamilan biasanya akan dianjurkan agar segera menjalani pemeriksaan bersama dokter subspesialis fetomaternal ini. Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa simak setelah ini.

Apa Itu Layanan Fetomaternal?

Nah, lebih rincinya, layanan fetomaternal adalah layanan yang diberikan dalam menangani masalah komplikasi pada ibu hamil, baik itu berkaitan dengan penyakit ataupun perkembangan ibu hamil beserta janin dalam kandungannya. Penting untuk segera mendapatkan layanan fetomaternal ini, karena komplikasi kehamilan yang diderita oleh ibu hamil ternyata sangat berisiko tinggi untuk mengancam keselamatan bayi dan ibu hamil.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Persalinan Sectio/Caesar

Tidak hanya diperlukan saat kehamilan saja, melainkan komplikasi persalinan dan masalah saat masa nifas pun seringkali dialami oleh ibu hamil.Kondisi-kondisi yang demikian harus segera ditangani oleh dokter subspesialis fetomaternal.

Siapa Sajakah yang Harus Mendapatkan Layanan Fetomaternal?

layanan fetomaternal jember untuk ibu hamil yang memiliki keluhan kehamilan serius

Tidak semua ibu dengan kehamilan harus mendapatkan layanan fetomaternal saja. Melainkan, terdapat beberapa kondisi yang memang mendasarinya dan dianjurkan untuk memeriksakan dirinya ke dokter subspesialis ini.
Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa kondisi ibu hamil yang seharusnya memerlukan pemeriksaan dokter subspesialis fetomaternal.

  • Ibu hamil dengan bayi cacat lahir atau adanya dugaan komplikasi lain.
  • Memiliki riwayat keluarga dengan kelainan genetik.
  • Pernah melahirkan anak cacat lahir dulu.
  • Berusia 35 tahun atau lebih ketika masa kehamilan.
  • Pernah mengalami riwayat kehamilan seperti keguguran, kelahiran prematur, dan bayi lahir bati.
  • Mengalami komplikasi kehamilan dulu, seperti diabetes gestasional, preeklampsia, dan sebagainya.
  • Sedang hamil anak kembar dua, tiga, atau lebih.
  • Punya kondisi medis yang serius ketika hamil, bisa berupa hipertensi kehamilan, gangguan ginjal, penyakit jantung, dan gangguan hati.
  • Menderita obestias atau kelebihan berat badan.
  • Puya penyakit menular seksual.
  • Punya riwayat penyakit autoimun, kejang, dan masalah pada pembekuan darah.

Layanan Fetomaternal yang Akan Diberikan

Oleh karena berkaitan dengan kondisi apapun yang diderita ibu hamil, baik itu sebelum, sedang, ataupun setelah kehamilannya. Maka dokter subspesialis Anda akan memantau kehamilan dengan melakukan hal berikut :

  • Melakukan pemeriksaan seperti USG, untuk melihat kondisi bayi dalam kandungan yang tengah berkembang.
  • Memeriksa apakah terdapat kelainan genetik atau cacat lahir pada janin dengan tes amniosentesis.
  • Membantu ibu hamil dalam mengelola dirinya, jikalau memang terdapat suatu kondisi tertentu sebelum hamil, misalkan tekanan darah tinggi dan diabetes.
  • Memantau proses persalinan sesuai permintaan dari dokter kandungan.
  • Melakukan pemantauan terhadap proses pemulihan beserta masalah kesehatan yang dialami ibu hamil usai ia melahirkan, misalkan tekanan darah tinggi, infeksi postpartum, dan perdarahan postpartum yang berlebihan.

Sekilas Mengenai Pemeriksaan USG pada Kehamilan

usg kehamilan di jember untuk ibu hamil yang memiliki risiko kehamilan tinggi

Tahukan Anda bahwasanya kelainan janin yang dialami dapat dideteksi lewat pemeriksaan USG ini?
Idealnya, Anda harus lakukan pemeriksaan USG hingga 3 kali selama kehamilan. Namun, sayangnya, tidak semua masalah bayi ternyata dapat Anda deteksi dengan USG ini. Sebab USG pun tidak menunjukkan 100% hasil yang akurat.

Adanya hal ini pun, membuat USG tidak dapat memberikan jaminan bahwa bayi memilih cacat lahir atau tidak. Pasalnya, kadang cacat baru lahir terlihat ketika mereka sudah lahir. Meskipun demikian, ini bukan berarti Anda tidak perlu untuk menjalani pemeriksaan USG. Sebab, USG fetomaternal pun sangat penting untuk mengantisipasi jika ada kelainan pada janin.

Oleh sebab itu, perlu diingat, jika memang Anda merupakan salah satu ibu hamil dengan kondisi di atas. Maka, Anda memang harus segera memerlukan layanan fetomaternal ini. Untuk itu, segeralah konsultasikan bersama dokter kandungan Anda nanti.

Anda dapat melakukan USG kehamilan di RSU Bhakti Husada dan RSU Kaliwates dari unit usaha Rolas Medika. Didukung dengan fasilitas lengkap untuk kebutuhan pemeriksaan kesehatan Anda dan buah hati serta dokter-dokter spesialis dan sub spesialis yang siap membantu Anda.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika 

Leave a Reply