You are currently viewing Medical Check Up Umroh, Ini Hal Penting yang Perlu Diketahui
  • Post category:Artikel

Medical Check Up Umroh, Ini Hal Penting yang Perlu Diketahui

Rolasmedika.co.id – Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat Islam, terutama yang sudah mampu secara finansial. Namun, sebelum melakukan keberangkatan umroh, ada beberapa yang harus dilakukan terlebih dulu. Contohnya seperti MCU atau Medical Check Up Umroh dan Haji di klinik maupun rumah sakit.

Medical Check Up Umroh

memeriksa kesehatan umroh

Jadi, apa yang dimaksud dengan MCU ini? MCU atau Medical Check Up Umroh dan Haji adalah salah satu syarat utama bagi calon jamaah yang hendak melakukan keberangkatan umroh atau haji.
Hal ini diperlu diperhatikan karena Anda akan melakukan perjalanan jauh hingga ke luar negeri dan melakukan ibadah. Jangan sampai proses ibadah Anda menjadi terkendala karena kondisi kesehatan yang tidak mendukung sama sekali.

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa MCU ini sangat penting bagi calon jamaah haji atau umroh. Salah satunya untuk mengantisipasi adanya sebaran penyakit menular. Lalu, juga untuk menghindari potensi adanya penyakit kambuhan ketika sedang beribadah di tanah suci.

Selain dari dua tujuan di atas, dari pemerintah Saudi Arabia juga memberikan standar khusus untuk kesehatan calon jamaah haji dan umroh yang hendak datang. Oleh karena itu, pemerintah menjadikan medical check up umroh dan haji menjadi salah satu syarat utama sebelum melakukan keberangkatan. Dengan begitu, hanya mereka yang sudah memenuhi kriteria yang bisa mendapatkan izin untuk terbang ke tanah suci.

Prosedur Pemeriksaan MCU Haji Umroh

Ketika melakukan pemeriksaan calon haji dan umroh, akan ada banyak hal yang akan dilakukan. Tujuannya sendiri adalah memaksimalkan hasil uji dari MCU itu sendiri. Semakin detail aspek yang didapatkan dalam pemeriksaan, maka hasilnya juga akan semakin akurat. Pemeriksaan yang menyeluruh ini juga dapat meningkatkan potensi Anda dalam berangkat umroh atau haji menjadi lebih besar.

Pemeriksaan Fisik di Dokter Umum

Hal pertama yang akan Anda lewati dalam MCU adalah pemeriksaan fisik oleh dokter umum. Di sini, Anda akan ditanyai beberapa hal seperti penyakit turunan, obat–obatan atau suplemen yang sedang dikonsumsi, tindakan medis yang pernah dialami, hingga riwayat penyakit tertentu yang sedang Anda derita.

Setelah itu, Anda akan melakukan pemeriksaan melalui EKG (Elektrokardiografi) dan dan foto toraks atau foto dada. Dengan kedua tes tersebut, Anda akan mendapatkan gambaran besar hasil medical check up umroh dan haji.

Pemeriksaan Laboratorium

Selanjutnya, level pemeriksaan Anda akan berlanjut dengan tes laboratorium. Biasanya di sini Anda akan melakukan pengecekan darah lengkap, pemeriksaan SGOT, pemeriksaan Kreatinin, ureum dan asam urat, pemeriksaan kolesterol, Trigliserida, hingga pemeriksaan urine secara lengkap.

Waktu Pengecekan Kesehatan

Menurut dari aturan yang telah ditetapkan oleh Pusat Kesehatan Haji, MCU Haji dan Umroh ini wajib dilakukan sebanyak tiga kali selama masa pendaftaran hingga kepergian. Dalam proses keberangkatan haji, hal ini dikenal dengan istilah Istita’ah atau kondisi ketika seorang calon jamaah dalam kondisi fisik, mental, dan rohani yang kuat.

Untuk proses pengecekan pertama biasanya dilakukan di klinik atau puskesmas terdekat di wilayah Anda. Hal ini sangat wajib dilakukan setelah Ana mendapatkan porsi keberangkatan haji. Setelah selesai melakukan pengecekan pertama, Anda bisa maju ke tahap pengecekan selanjutnya. Pada tahap kedua ini biasanya dilakukan maksimal 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan ke tanah suci.

Pada tahap terakhir MCU Haji dan Umroh biasanya dilakukan pada menjelang hari keberangkatan. Tes terakhir ini biasanya dilakukan saat berada di lingkungan bandara embarkasi. Tujuannya sendiri agar mengetahui jamaah layak atau tidak untuk berangkat haji dan umroh. Maka dari itu, status kelayakan Anda akan sangat ditentukan pada pengecekan hari terakhir ini.

Biaya Medical Check Up Umroh

Biaya yang dibutuhkan dalam melakukan pengecekkan kesehatan ini tergantung dari lokasi Anda ketika melakukannya. Terkadang ada paket haji dan umroh yang sudah memasukkan biaya uji kesehatan ke dalam biaya jasa mereka. Sehingga Anda tidak perlu mempersiapkan dana secara terpisah. Namun, berdasarkan beberapa riset di berbagai tempat, total biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan kesehatan berkisar Rp 500 ribu sampai dengan Rp 2 juta.

Tips Sebelum Medical Check Up

Ada beberapa yang bisa Anda lakukan agar lolos MCU Haji dan Umroh ini, salah satunya dengan menjaga kesehatan sedini mungkin dan konsumsi makanan sehat secara teratur. Anda juga bisa rutin berolahraga ringan yang bisa meningkatkan kualitas kesehatan.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter ahli mengenai masalah kesehatan Anda. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pengecekan rutin kepada ahlinya agar terhindar dari potensi penyakit serius. Karena yang menggagalkan medical check up haji atau umroh ini biasanya dari kurangnya persiapan kita.

Oh iya, jangan lupa juga untuk rajin berdoa kepada Allah SWT agar segala keperluan Anda, termasuk Medical Check Up Umroh dan Haji ini bisa berjalan dengan lancar.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika

Leave a Reply