You are currently viewing Mengenal Imunisasi Dasar dan Lanjutan untuk Anak
imunisasi anak di RSU Kaliwates
  • Post category:Artikel

Mengenal Imunisasi Dasar dan Lanjutan untuk Anak

Rolasmedika.co.id – Imunisasi menjadi sebuah kebutuhan penting bagi seorang anak. Hal ini sebaiknya dipahami oleh para orang tua sehingga proses imunisasi bisa dijalani oleh anak dengan baik dan lancar. Imunisasi itu sendiri merupakan proses pembuatan antibodi di dalam tubuh setelah adanya proses pemberian vaksin. Dengan begitu tubuh anak memiliki sistem imun yang semakin kuat dan lebih kebal terhadap penyakit.

Manfaat Imunisasi

layanan imunisasi di RSU Bhakti Husada

Mengapa anak perlu mendapatkan imunisasi? Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari proses imunisasi itu sendiri. Tak heran jika para orang tua sangat dianjurkan untuk memenuhi jadwal imunisasi anak dari awal sampai akhir sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI. Berikut adalah beberapa manfaat dari imunisasi:

Menurunkan Risiko Kematian

Imunisasi akan membantu menurunkan risiko kematian pada anak. Penting untuk diketahui bahwa ada banyak jenis penyakit mematikan yang bisa menyerang tubuh anak. Pemberian vaksin mungkin tidak 100% membuat anak terhindar dari penyakit namun bisa menurunkan keparahan gejala bahkan risiko kematian.

Mencegah Munculnya Penyakit

Langkah imunisasi akan membantu mencegah munculnya penyakit. Pemberian vaksin akan membantu memperkuat daya tahan tubuh atau imunitas. Vaksin akan membentuk daya tahan tubuh yang lebih kuat sehingga anak tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga tentang pemeriksaan Fetomaternal

Membentuk Herd Immunity

Imunisasi bisa membantu membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Semakin banyak anak yang mendapat vaksinasi maka akan semakin rendah tingkat penularan sebuah penyakit. Artinya semakin sedikit pula anak-anak yang akan tertular dan akhirnya jatuh sakit.

Imunisasi Dasar

Ada dua jenis imunisasi yang perlu diberikan kepada anak yaitu imunisasi dasar dan lanjutan. Imunisasi dasar ini bersifat wajib sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan RI. Imunisasi dasar akan diberikan kepada bayi baru lahir hingga usianya mencapai 1 tahun. Pemerintah memberikan imunisasi ini secara gratis melalui posyandu, puskesmas, serta rumah sakit daerah.

Berikut adalah beberapa jenis imunisasi dasar lengkap yang wajib untuk diberikan kepada anak:

  • Hepatitis B (12 jam setelah lahir dan usia 2, 3, 4 bulan).
  • BCG (sebelum usia 3 bulan).
  • Polio (usia 0-4 bulan).
  • MR/MMR (usia 6 bulan dan 18 bulan).
  • DPT (usia 2, 3, 4 bulan).
  • HiB (usia 2, 3, 4 bulan).
  • HB (usia 2, 3, 4 bulan).

Catatan: biasanya akan diberikan vaksin pentavalen. Ini merupakan sebutan untuk vaksin kombinasi HB dan HiB.
Imunisasi Lanjutan

Selain imunisasi dasar, anak juga perlu menerima imunisasi lanjutan atau tambahan. Jenis imunisasi ini memang tidak diwajibkan namun akan jauh lebih baik jika anak bisa mendapatkannya. Berikut adalah beberapa jenis imunisasi lanjutan yang diberikan kepada anak:

  • Rotavirus (usia 2, 4, 6 bulan).
  • Tifoid (usia 24 bulan).
  • PCV (usia 2, 4, 6 bulan).
  • Influenza (usia minimal 6 bulan dan diulang terus setiap tahun).
  • Hepatitis A (bayi usia 12 bulan, ulang 2 kali dengan jarak 6-36 bulan).
  • HPV (usia di atas 9 tahun).

Pemberian vaksin ini sebaiknya sesuai dengan batas usia anak. Namun tidak ada salahnya jika melakukan vaksin melebihi batas usia tersebut. Imunisasi tetap penting untuk dilakukan walaupun terlambat, daripada tidak menerima imunisasi sama sekali. Pastikan bahwa si kecil dalam kondisi sehat saat akan menerima vaksin.
Imunisasi menjadi kebutuhan penting bagi seorang anak.

Orang tua sebaiknya mengetahui jadwal imunisasi dan mencatat vaksin apa saja yang harus diterima oleh si kecil. Pastikan untuk tidak melewatkan jadwal vaksin dan simpan selalu catatan vaksin untuk mempermudah proses imunisasi berikutnya.

Dokter Anak RSU Bhakti Husada dan RSU Kaliwates

memberikan imunisasi pada anak adalah usaha orang tua membantu anak tetap sehat dan terlindungi dari penyakit serius yang bahkan dapat menyebabkan kematian
imunisasi anak di RSU Kaliwates

Unit usaha Rolas Medika memiliki jajaran dokter spesialis, layanan unggulan serta fasilitas lengkap yang mendukung Anda dalam menjaga kesehatan buah hati dan keluarga. Anda dapat mengunjungi laman sosial media kami juga @rolasmedika untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika 

Leave a Reply