You are currently viewing Jaga Kesehatan Anak Selama Liburan
  • Post category:Artikel

Jaga Kesehatan Anak Selama Liburan

RolasMedika.co.id – Tujuan berlibur bersama anak pasti ingin membuatnya senang. Jangan sampai momen tersebut berubah kurang nyaman karena kesehatan anak menurun dan tiba-tiba sakit. Kondisi cuaca yang cepat berubah dan lemahnya daya tahan tubuh bisa menyebabkan kuman mudah masuk.

Agar acara berlibur bisa menyenangkan, bunda harus memperhatikan kondisi fisiknya. Seringkali karena terlalu excited, si kecil melakukan lebih banyak aktivitas yang membuatnya kelelahan sehingga mudah terjangkit penyakit.

Tips agar si kecil tetap sehat selama liburan

kegiatan anak saat liburan

Lokasi liburan yang jauh dari rumah dan lingkungan membuat tubuh si kecil harus menyesuaikan terlebih dulu. Apalagi jika cuacanya berbeda dengan rumah, seperti terlalu panas atau dingin. Meningkatkan daya tahan tubuh tentunya sangat penting. Apa saja yang bisa bunda lakukan untuk menjaga kesehatan anak selama liburan?

Batasi Aktivitas Fisik

Berlari-lari, berjemur, berenang secara berlebihan dapat membuat tubuh si kecil kelelahan dan akhirnya drop. Meski kegiatan ini sangat menyenangkan dan membuat si kecil nampak bahagia namun sebaiknya bunda membatasinya. Kontrol semua kegiatannya agar si kecil tidak terlalu capek yang menyebabkan mudah sakit.

Jika ingin berlama menikmati kegiatan tersebut, atur waktunya. Arahkan agar si kecil beristirahat sebentar sebelum melakukan aktivitas kembali. Bunda juga harus memperhatikan kondisi fisiknya. Bila sudah nampak lelah sebaiknya segera mengajaknya istirahat atau mengganti dengan kegiatan yang ringan.

Tetap Konsumsi Makanan Sehat

Ketika berlibur, banyak yang tidak mengontrol konsumsi makanan, termasuk untuk si kecil. Hal ini dapat menurunkan kesehatan. Wisata kuliner bisa menjadikan bunda kurang tepat memilih menu untuk buah hati.
Agar konsumsi makanan tetap sesuai kebutuhan, bunda bisa merencanakannya terlebih dulu. Apa yang akan dikonsumsi ketika sarapan, makan siang dan malam. Jangan lupa memasukkan menu makanan sehat kaya serat dan protein setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ganti cemilan selama liburan dengan buah segar.

Baca juga tentang Imunisasi Dasar dan Lanjutan untuk Anak

Minum Air Putih yang Cukup

Minum es teh atau soda memang terasa segar. Ketika meminumnya, bisa jadi si kecil tertarik. Jangan lakukan ini terlalu sering ya Bun. Minuman terbaik untuk tubuh adalah air putih.

Karena aktivitas selama liburan bertambah, perhatikan asupan air yang masuk ke tubuh si kecil. Jangan sampai mengalami dehidrasi karena bisa mengganggu proses metabolisme dalam tubuhnya. Siapkan selalu botol minum agar buah hati bisa segera minum begitu merasa haus.

Cukup Istirahat

Menikmati semua wahana dan pemandangan alam selama liburan memang menyenangkan. Namun bunda harus memperhatikan bahwa si kecil membutuhkan waktu istirahat lebih banyak dari kita.
Kontrol semua aktivitas dan pastikan buah hati bunda cukup istirahat. Bukan hanya jumlah jam tidur, tetapi kualitasnya pun juga harus diperhatikan. Tidur siang merupakan aktivitas yang sering terlewat selama liburan. Ganti jumlah jam istirahat dengan menambahkan waktu tidur pada malam hari.

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Aktivitas yang padat di alam terbuka membuat pori-pori si kecil bekerja lebih aktif untuk mengeluarkan keringat. Pakaian yang nyaman akan cepat menyerapnya sehingga tubuh tetap kering dan bersih. Bahan kaos atau katun sangat pas untuk menemaninya berlibur. Perhatikan juga modelnya. Jangan kenakan pakaian berlapis. Pilihkan model yang simpel dan tidak mengganggu geraknya.

Jaga Mood si Kecil

Bukan hanya orang dewasa, mood si kecil pun sangat berpengaruh pada kesehatannya. Usahakan membawa mainan kesukaan untuk mengisi waktu longgar selama berlibur atau perjalanan menuju tempat liburan. Aktivitas ini akan membuatnya tetap merasa happy sehingga imun tetap terjaga.

Tambahkan Suplemen

Meski sebagian besar nutrisi penting tersedia dalam makanan, namun ada baiknya bunda menambahkan suplemen khusus anak. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral akan meningkatkan daya tahan tubuhnya.
Bunda, berlibur bersama keluarga tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun sebelum memutuskan untuk berangkat, memilih tujuan dan waktu, perhatikan kondisi si kecil.

Sebaiknya pilih lokasi wisata yang nyaman, aman dan ramah bagi anak-anak. Kondisi cuaca ekstrim, keramaian, jarak tempuh yang jauh dan polusi dapat mengganggu kesehatannya. Bukan hanya membuatnya tidak nyaman, tetapi bisa menurunkan kekebalan tubuhnya sehingga kesehatan anak terganggu.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika 

Leave a Reply