You are currently viewing Tips Menjaga Kesehatan untuk Lansia
  • Post category:Artikel

Tips Menjaga Kesehatan untuk Lansia

Rolasmedika.co.id – Menjaga kesehatan lansia sangat penting.Pertambahan usia seringkali membuat daya tahan tubuh menurun. Bermacam penyakit mudah datang. Namun dengan pola hidup tepat, seseorang yang sudah masuk usia senja tetap bisa beraktivitas.

Selain masalah kesehatan, daya ingat juga tidak sekuat waktu muda. Penurunan kemampuan organ tubuh dalam bekerja menyebabkan mudah muncul rasa lelah dan masalah keseimbangan sehingga gampang terjatuh.

Tips Agar Senantiasa Sehat di Usia Senja

lansia perlu memperhatikan asupan makanan agar tetap sehat dan bugar

Semua orang pasti ingin tetap hidup sehat. Para lansia pun berharap bisa menjalankan berbagai kegiatan seperti waktu muda. Kesehatan lansia bisa tetap prima dengan melakukan beberapa hal berikut:

Stay Happy

Kesehatan fisik dan psikis berkaitan sangat erat. Dengan menjaga perasaan bahagia dan berharga menjadikan semangat hidup tetap tinggi. Ini dapat mendorong tubuh secara tidak langsung untuk bisa sehat dan fit.
Kebahagian seorang lansia bisa muncul karena berada di lingkungan yang kondusif. Teman seusia tempat berbagi cerita, keluarga yang selalu menyayangi, perhatian anak dan cucu bisa membangkitkan hormon bahagia sehingga daya tahan tubuh juga meningkat.

Kondisi Spiritual yang Baik

Kegiatan keagamaan dan mendekatkan diri pada Tuhan bisa menjadikan jiwa tenang sehingga organ tubuh dapat bekerja secara normal. Tidak adanya perasaan khawatir atau was-was dan berpasrah diri bisa membuat pikiran semakin sehat. Aktif dalam forum keagamaan bukan hanya bisa menambah kedekatan pada Yang Maha Kuasa, tetapi juga pertemanan dan mengisi waktu lansia. Fisik dan mental pun tetap aktif. Hal ini bisa mempertahankan daya tahan tubuh dan ingatan.

Kegiatan mediasi juga sangat baik karena dapat menghindarkan dari kecemasan dan membuat pikiran lebih tenang. Sebaiknya lansia melakukannya secara rutin dan waktu yang cukup.

Asupan Makanan Bergizi

Tubuh lansia membutuhkan asupan makanan bergizi sesuai dengan usianya. Meski demikian perlu memperhatikan jenis yang dikonsumsi karena menumpuknya zat tertentu dapat mengundang penyakit. Kemampuan tulang dalam menopang tubuh bisa menurun karena jumlah kalsium yang tidak mencukup. Anda bisa menambahkan susu kaya kalsium dalam menu sehari-hari.

Sebaiknya mengganti pemanis dengan jenis yang lebih aman. Menurunnya kemampuan insulin dalam memecah gula darah dapat memicu timbulnya diabetes. Dengan jenis gula yang tepat bisa menghindari hal tersebut.

Bersosialisasi

Anak sering khawatir terhadap orangtua yang terlalu aktif bersosialisasi dengan lingkungan. Tujuannya benar, yaitu menjaga agar tidak terlalu capek. Namun sebaiknya jangan melakukan hal ini secara berlebih. Kurangnya bersosialisasi dapat membuat orangtua merasa tidak berperan dalam kemasyarakatan. Ini akan berdampak pada rendahnya rasa bahagia. Sedangkan perasaan ini bisa membangkitkan semangat untuk bertahan hidup.
Bersosialisasi dengan lingkungan juga menjadikan orangtua aktif bergerak sehingga tubuh semakin fit. Sebaiknya tetap membiarkan lansia untuk bergerak namun mengontrolnya agar tidak berlebihan.

Aktif Bergerak

Semakin bertambah usia seringkali membuat seseorang malas untuk bergerak. Jaringan pertemanan yang berkurang menyebabkan banyak lansia yang akhirnya lebih memilih diam di rumah tanpa aktivitas.
Hal ini justru berdampak buruk pada kesehatan. Agar tetap fit, tubuh harus banyak bergerak meskipun hanya ringan seperti berjalan kaki, berkebun atau atau gerakan lainnya.

Baca juga : Mengenal Booster Vitamin C

Olahraga juga meningkatkan harapan hidup karena semua organ tubuh akan berfungsi dengan baik. Karena daya tahan tubuh mulai menurun, sebaiknya perhatikan lamanya waktu olahraga. Melakukan kegiatan fisik 30 menit sehari selama lima kali dalam satu minggu sudah cukup untuk menjaga kesehatan.

Istirahat Cukup

Semakin bertambahnya usia, tubuh menjadi cepat lelah. Kebutuhan waktu istirahat pun bertambah banyak. Dengan beristirahat, organ tubuh juga tidak harus terus-menerus bekerja secara keras. Bukan hanya jumlah waktunya, tetapi kualitas istirahat harus mendapat perhatian. Sebaiknya lansia berada di lingkungan yang tenang dan jauh dari kebisingan agar kualitas tidur terjaga. Sering terbangun dapat mengganggu pikiran dan mental.

Baca juga : Layanan Home Care RSU Bhakti Husada

Sleep routine atau pola tidur teratur sangat baik bagi kesehatan. Bangun dan tidur pada jam sama, mematikan atau menggunakan lampu yang lebih redup, menjauhkan barang elektronik dapat meningkatkan kualitas istirahat.
Kesehatan lansia harus terus terjaga agar angka harapan hidup meningkat. Karena secara alami daya tahan tubuhnya mulai menurun, maka perlu melakukan beberapa hal sehingga tetap sehat baik fisik maupun mental.

Senior Living RSU Bhakti Husada

Fokus meningkatkan kualitas hidup lansia, Rumah Sakit Umum Bhakti Husada melakukan pengembangan layanan geriatric berupa Senior Living dan Senior Care. RSU Bhakti Husada merupakan unit usaha PT Rolas Medika yang berada di Krikilan Banyuwangi. Anda juga dapat mendapatkan informasi seputar RSU Bhakti Husada di website resmi RSU Bhakti Husada.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika 

Leave a Reply