You are currently viewing Tips Merawat Luka Jahitan di Rumah
  • Post category:Artikel

Tips Merawat Luka Jahitan di Rumah

RolasMedika.co.id – Merawat luka jahitan merupakan hal yang sangat penting dilakukan setelah operasi. Dalam merawat luka jahitan diperlukan cara yang tepat, hal ini bertujuan agar luka jahitan tidak menimbulkan infeksi dan tidak menutup seperti semula. Meskipun di rumah bukan berarti Anda tidak bisa merawat luka jahitan sendiri, asal tahu caranya yang benar pasti luka jahitan akan aman dan segera pulih. Nah, berikut ini tips merawat luka jahitan di rumah.

Tips Merawat Luka Jahitan di Rumah

rolas medika merupakan induk perusahaan dari rumah sakit bhakti husada, RSU Kaliwates dan beberapa group klinik

Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum merawat luka jahitan Anda pastikan tangan dalam keadaan bersih. Hal ini bertujuan untuk mencegah perpindahan bakteri dari tangan ke luka jahitan. Jika tangan dalam keadaan kotor yang ada luka tidak akan kunjung sembuh dan justru berakibat pada infeksi. Ada baiknya mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun pembersih kemudian keringkan dengan handuk ataupun tisu.

Lepaskan Perban Secara Perlahan

Melepaskan perban membutuhkan kehati-hatian dan kesabaran. Pasalnya perban akan menempel dengan kulit setelah pemasangan. Jangan sampai menarik perban dengan kuat, hal ini dapat menambah luka pada jahitan. Nah, tipsnya yakni tariklah kulit Anda menjauhi perlahan secara perlahan sehingga nantinya perban akan terlepas sendiri tanpa ada rasa sakit.

Baca juga : Tips Jaga Kesehatan untuk Lansia 

Bersihkan Luka Jahitan

Membersihkan luka jahitan dapat menggunakan sabun biasa dengan air mengalir. Kemudian, gosok perlahan agar tidak menimbulkan rasa sakit dan membuka bekas jahitan. Bersihkan juga area jahitan agar bakteri tidak masuk dalam luka sehingga memperparah kondisi luka jahitan.

Setelah dibersihkan menggunakan air mengalir, jangan lupa untuk mengeringkan jahitan menggunakan handuk kering maupun tisu. Pastikan jahitan sampai benar-benar kering sehingga tidak menjadi lembab dan membuat luka tidak kunjung kering.

Oleskan Salep Antibiotik Sesuai Anjuran Dokter

Step selanjutnya yakni mengoleskan salep antibiotik ke luka jahitan. Anda dapat menggunakan salep neosporin atau bacitracin untuk mencegah infeksi pada luka jahitan. Namun yang perlu diingat dalam penggunaan salep antibiotik harus sesuai dengan anjuran dokter.

Tutup dengan Perban Baru

Langkah terakhir yakni menutup bekas luka jahitan menggunakan perban. Pastikan menggunakan perban baru yang steril dan bersih. Pastikan perban menutupi seluruh luka jahitan dan area sekitar luka jahitan. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri maupun kuman yang masuk.

Jika luka Anda mengeluarkan cairan seperti nanah dan air, Anda dapat menggunakan perban secara berlapis dan kemudian baru memplesternya. Setelah semuanya selesai jangan lupa untuk membuang bekas perban yang telah digunakan, mencuci seluruh peralatan selama digunakan untuk merawat seperti handuk dan mencuci tangan dengan bersih.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat luka jahitan di rumah, yakni tidak mengganti perban yang dipasang dokter sebelum 24 jam, segera mengganti perban apabila basah ataupun kotor, serta hindari membersihkan luka jahitan dengan menggunakan alkohol maupun sejenisnya karena dapat memperlambat proses penyembuhan luka.

Nah, tidak sulit merawat luka jahitan di rumah bukan? Pada dasarnya jika Anda merawat dengan tepat pasti luka jahitan akan segera pulih. Sangat penting sekali untuk memperhatikan setiap langkahnya agar luka jahitan tidak infeksi bahkan hingga komplikasi. Jadi jangan sampai melewatkan salah satu stepnya ya.

Layanan Home Care Rolas Medika

RSU Bhakti Husada yang merupakan unit usaha PT Rolas Medika memiliki layanan baru yaitu layanan home care untuk pemeriksaan di rumah yang memungkinkan pasien untuk lebih nyaman dalam mendapatkan perawatan kesehatan.

Dapatkan informasi selengkapnya dengan mengunjungi Instagram @rskrikilan untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika 

Leave a Reply