You are currently viewing 3 Bahan Alami Atasi Batuk Kering
  • Post category:Artikel

3 Bahan Alami Atasi Batuk Kering

Batuk merupakan gangguan Kesehatan yang sering terjadi. Terutama pada musim pancaroba seperti sekarang. Masalah kesehatan yang sangat mengganggu adalah batuk, baik  berdahak maupun kering. Batuk kering tidak diikuti dengan munculnya dahak atau lendir. Sebenarnya, batuk jenis ini merupakan bentuk refleks tubuh untuk mengeluarkan benda asing tanpa bantuan cairan lendir yang dihasilkan sistem pernapasan.Walau kerap terjadi, batuk ini cukup mengacaukan kegiatan keseharian. Bagaimana cara mengatasinya?

3 Cara Alami Atasi Batuk Kering

Batuk kering memang sangat mengganggu, apalagi di tenggorokan. Selain obat-obatan kimia, di bawah ini adalah tiga bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghalau batuk kering yang melanda.

  1. Air Hangat

Mengganti asupan cairan dengan air putih hangat dapat membuat gejala batuk kering terasa lebih ringan. Cara ini merupakan metode penanganan yang paling sederhana dalam mengatasi batuk kering. Saat udara sedang kering, tubuh memerlukan asupan cairan lebih banyak. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembapan di tenggorokan. Anda harus memastikan asupan cairan harian tubuh terpenuhi. Usahakan untuk mengonsumsi sedikitnya delapan sampai dua belas gelas air per hari. Ini juga bergantung pada berat badan Anda. Hindari mengonsumsi minuman dingin atau yang terlalu manis.

  1. Campuran Jerik Nipis, Kunyit, dan Madu

 

Kunyit mengandung curcumin yang mampu mengurangi radang di tenggorokan. Sedangkan madu mengandung zat analgesik yang dapat menghambat infeksi. Lemon dipercaya mampu mengurangi radang yang terjadi pada tenggorokan, sekaligus menyuplai vitamin C untuk tubuh. Perpaduan ketiga bahan alami ini cocok sekali untuk meredakan batuk kering.

  1. Berkumur dengan Larutan Garam

Ternyata, kumur air garam tidak hanya efektif untuk meredakan sakit gigi. Anda juga bisa menjadikannya salah satu cara alami atasi batuk kering. Campurkan seperempat sampai setengah sendok teh garam dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

Batuk kering memang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Nah, semoga tiga cara alami atasi batuk kering di atas bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan. Jangan lupa mengonsumsi vitamin, ya. Apalagi di saat cuaca tak menentu seperti sekarang. Semangat menjaga Kesehatan.

Leave a Reply