You are currently viewing Penanganan Low Back Pain dengan Fisioterapi
  • Post category:Artikel

Penanganan Low Back Pain dengan Fisioterapi

Rolasmedika.co.id – Anda sering merasa nyeri pada bagian bawah punggung? Jika demikian ada kemungkinan Anda terkena low back pain (LBP). 

Hal ini sering terjadi pada kebanyakan masyarakat dunia. Namun adanya metode penanganan low back pain dengan fisioterapi menjadikan keluhan ini dapat terasi dengan baik.

Metode Penanganan Low Back Pain dengan Fisioterapi Pilihan yang Telah Teruji

penanganan low back pain

Banyak orang mengeluhkan nyeri pada bagian punggung bawah namun tidak mengetahui secara pasti penyebab dan kapan biasanya nyeri tersebut muncul. Perlu adanya kajian medis untuk menentukan ketegori yang mana yang mungkin dialami oleh pasien.

Secara garis besar, biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengurangi rasa nyeri. Namun dengan adanya aktifitas khusus seperti fisioterapi maka keluhan nyeri punggung bawah ini dapat teratasi.Fisioterapi sendiri bertujuan untuk mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh. 

Baca juga : Mengenal Hemodialisa, Terapi Cuci Darah untuk Pasien Ginjal

Dalam praktiknya, fisioterapi sendiri dapat dilakukan secara manual seperti latihan gerak secara mandiri dan dapat pula menggunakan berbagai peralatan pembantu. Dalam banyak kasus kesehatan, penangann low back pain dengan fisioterapi mendapatkan hasil pengurangan rasa nyeri, penurunan ketegangan otot, dan adanya peningkatan gerakan sendi. 

Hal ini tentu saja membuat kualitas hidup pasien meningkat seiring aktifitas yang berjalan lancar tanpa rasa nyeri.

Definisi Low Back Pain

Low back pain atau nyeri punggung bawah yaitu nyeri yang dirasakan di sekitar punggung bawah karena adanya gangguan atau kelainan pada musculoskeletal vertebra thoracal 12 sampai bawah pinggul. 

Nyeri ini sangat mengganggu aktifitas penderita sehingga sangat mengurangi produktifitas hidup.

Keluhan atau gejala yang sering terjadi pada low back pain adalah:

  1. Nyeri seperti ditusuk
  2. Nyeri hanya pada bagian punggung saja, namun ada juga nyeri yang menjalar ke bagian tubuh lain seperti ke bahu dan kaki
  3. Nyeri pada saat berada di posisi tertentu saja seperti pada saat duduk atau jalan, namun membaik pada saat pindah posisi seperti pada saat berbaring
  4. Nyeri pada saat mengangkat benda-benda
  5. Nyeri yang diiringi dengan ketegangan otot atau spasme

Kondisi seperti ini tentu sangat membatasi gerakan, sehingga jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Untuk itu jika dirasa memiliki gejala seperti di atas segeralah konsultasikan dengan dokter terdekat.

Definisi Fisioterapi

Fisioterapi sendiri merupakan salah satu jenis pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu atau kelompok masyarakat agar mampu mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh kembali normal.

Fisioterapi adalah proses rehabilitasi untuk mencegah pasien dari risiko cacat fisik akibat cedera atau penyakit. 

Tujuan Tindakan Fisioterapi

Pengobatan yang dilakukan secara fisioterapi pada pasien low bacl pain memiliki beberapa tujuan.

  1. Meningkatkan gerakan
  2. Mengurangi rasa nyeri dan kekakua otot
  3. Mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan
  4. Meningkatkan kualitas dan produktifitas hidup

Metode Pelaksanaan Fisioterapi Terhadap Low Back Pain

penanganan fisioterapi

Ada tiga rancangan yang biasa dilakukan dalam proses penanganan low back pain dengan fisioterapi yang dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan.

  1. Latihan gerak mandiri

Exercise atau melakukan gerakan teratur dan terprogram yang dilakukan oleh pasien merupakan tindakan fisioterapi yang sangat disarankan.

Tujuannya adalah meningkatkan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional, mengurangi kekakuan otot dan juga memperbaiki postur tubuh.

  1. Terapi dengan menggunakan alat

Untuk fisioterapi yang menggunakan modalitas atau perangkat tertentu dilakukan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan menggunakan alat tersebut dengan baik. 

Contoh-contoh modalitas yang biasa digunakan dalam penanganan low back pain dengan fisioterapi. 

  • Ultrasound Diathermy (USD)
  • Shortwave Diathermy (SWD)
  • Infrared (IR)
  • Laser terapi
  • Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS)

Perlu dipahami bahwa setiap kasus low back pain berbeda tingkat keparahannya maupun penyebabnya. Sehingga dalam penanganan low back pain dengan fisioterapi dapat berbeda-beda pula metodenya. 

Hal ini sangat tergantung pada kajian medis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan yang menangani setiap kasus. Jenis fisioterapi yang diberikan pada pasien yang satu bisa saja tidak sama dengan pasien yang lain walaupun sama-sama menderita nyeri puggung bawah. 

Corp Communication

PT Rolas Nusantara Medika

Leave a Reply