You are currently viewing Tips Mudah Cegah Kolesterol Naik
  • Post category:Artikel

Tips Mudah Cegah Kolesterol Naik

Rolasmedika.co.id – Makan makanan bersantan atau berlemak memang sangat menggiurkan dan kadang suka membuat lupa diri hingga berlebih saat menyantapnya. Padahal banyak hal kurang bagus yang terkandung di dalamnya. Utamanya kandungan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah. Saat itulah tips cegah kolesterol naik sangat dibutuhkan.

Kadar kolesterol yang terlampau tinggi lama-kelamaan dapat menumpuk hingga terjadinya sumbatan pada darah. Akibat lainnya adalah pembuluh darah yang menyempit bahkan dapat menyebabkan kerusakan.

Tips Cegah Kolesterol Naik

simak tanda kolesterol naik

Kolesterol naik dapat memicu timbulnya hal buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah timbulnya bekuan darah. Bekuan darah inilah yang nantinya dapat menyumbat aliran darah ke jantung hingga muncul serangan jantung. Lalu bagaimana cara mencegah agar kolesterol tidak naik, simak ulasannya di sini;

Kurangi Lemak Trans
Lemak memiliki banyak macam. Ada yang bagus, ada pula yang tidak bagus. Salah satu lemak yang dapat memicu naiknya kolesterol adalah lemak yang tidak bagus dan sering disebut dengan lemak trans. Lemak ini biasanya sering digunakan dalam kue, kerupuk, margarin dan kue yang dibeli di toko.

Kurangi Asupan Lemak Jenuh
Satu lagi lemak yang kurang bagus adalah lemak jenuh. Lemak ini banyak ditemukan dalam daging merah dan produk susu berlemak. Lemak ini dapat meningkatkan kolesterol tubuh lebih cepat. Dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh diharapkan dapat mengurangi kolesterol jahat yang dapat mengganggu kesehatan.

Konsumsi Omega-3
Tips cegah kolesterol naik selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini tidak mempengaruhi kolesterol LDL. Manfaat lain dari lemak ini adalah untuk kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah. Asam lemak omega-3 ini bisa didapatkan dari biji rami, ikan salmon, herring dan kenari.

Batasi Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolesterol
Untuk mencegah naiknya kolesterol bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang minim kolesterol. Makanan yang terkenal memiliki kolesterol tinggi adalah jeroan, hati, udang, kuning telur dan produk susu murni.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Dengan mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah banyak juga dapat membantu mencegah naiknya kolesterol. Konsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan senyawa penting yang dapat menurunkan kolesterol dalam makanan.
Senyawa yang disebut dengan sterol memiliki cara kerja seperti serat larut dalam menurunkan kolesterol.

Perbanyak Serat Larut
Serat larut mempunyai manfaat untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Serat larut dapat ditemukan dalam makanan seperti oatmela, apel, pir, kacang merah dan kubis. Dengan memperbanyak konsumsi makanan ini dapat mecegah naiknya kolesterol secara maksimal.

Olahraga Secara Rutin
Tips cegah kolesterol naik lainnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Aktivitas fisik yang dilakukan selama berolahraga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Oleh sebab itu, jika ingin kolesterol turun dengan perlahan, cobalah rutin untuk melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya.

Batasi Asupan Garam
Salah satu makanan yang dapat memicu naiknya kolesterol adalah konsumsi makanan dengan kandungan garam berlebih. Untuk itulah agar kolesterol tidak naik berlebih ada baiknya membatasi konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi atau hanya konsumsi garam sebanyak 1 sendok teh garam setiap harinya.

Baca juga : Jaga Kesehatan Anak Selama Liburan

Membatasi makanan yang mengandung garam tidak hanya dapat menurunkan kolesterol, tapi juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah. Tipsnya, jangan terlalu banyak menambahkan garam saat memasak atau pilih makanan dengan kadar garam rendah.

Selain mengurangi kadar garam, kamu juga dapat konsumsi garam sehat yang kini banyak beredar di pasaran. Garam ini biasanya lebih banyak dipakai oleh orang yang menerapkan pola hidup sehat. Jadi, meskipun makan makanan bergaram tetap sehat karena garam yang digunakan bukan garam yang mengandung zat yang dapat memicu naiknya kolesterol.

Kolesterol yang meningkat berpotensi memunculkan banyak penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu, kampanye untuk selalu hidup sehat dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol jahat kerap digaungkan. Termasuk menerapkan tips cegah kolesterol naik yang dikemukakan di atas. Cara yang terbilang mudah dan murah. Jika dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika 

Leave a Reply