You are currently viewing Persiapan Mudik bersama Balita
  • Post category:Artikel

Persiapan Mudik bersama Balita

Rolasmedika.co.id – Perhatikan 5 tips persiapan mudik dengan balita agar selalu nyaman saat berkendara. Pasalnya, balita lebih cepat bosan pada satu situasi yang selalu sama dalam waktu yang lama. Sehingga orang tua harus mengetahui bagaimana cara yang tepat agar anak tetap kondusif selama perjalanan.

5 Tips Persiapan Mudik dengan Balita Agar Tenang

melakukan perjalanan mudik bersama si kecil banyak hal harus disiapkan diantaranya

Persiapan mudik dengan balita bisa dilakukan list untuk mengecek apakah seluruhnya sudah dilakukan dan dibawa. Tujuannya agar tidak terburu-buru saat melakukan pengepakan dan perjalanan barang tidak tertinggal. 5 tips persiapan mudik yang bisa dilakukan orang tua agar anak tetap nyaman dan tenang selama di dalam kendaraan.

Membawa perlengkapan pada tas yang mudah dibawa

Balita memiliki kegiatan yang aktif dan sulit untuk diam. Sehingga orang tua perlu menjaganya lebih ekstra agar balita tetap terjaga dan terlindungi. Persiapan mudik dengan balita harus dipikirkan pada perlengkapan yang sering digunakan olehnya.

Perlengkapan yang perlu dibawa seperti pampers, bedak, lotion, tisu, susu, air hangat, dan perlengkapan mandi. Pisahkan kebutuhan tersebut di tas yang mudah dibawa dengan ruangan yang cukup untuk memasukkan barang. Tujuannya agar orang tua bisa membawa perlengkapan tersebut kemanapun, bahkan saat berada di tempat peristirahatan.

Perlengkapan pada balita bisa digunakan di tempat pemberhentian. Cobalah mengganti pampers atau menyuruh anak ke toilet agar dalam perjalanan tetap nyaman dan kondusif.

Persiapkan baju cadangan

Baju cadangan bisa dimasukan pada tas perlengkapan yang harus dibawa kemanapun. Tujuannya, agar balita bisa mengganti pakaian ketika gerah atau sudah kotor. Hal itu bisa membantu agar menjaga pakaiannya tetap bersih dan nyaman selama perjalanan.

Sehingga pastikan orang tua membawa baju cadangan dan ganti selama mudik. Persiapkan mudik dengan balita agar nyaman dan membawa dua baju lebih untuk mengganti pakaian anak ketika kotor.

Membawa snack

Membawa snack bisa membantu balita tetap tenang saat berada di perjalanan mudik. Setiap anak memiliki perbedaan dan tingkah laku saat berada di dalam kendaraan. Makanan yang disediakan bisa membantu fokus anak untuk menghabiskannya. Sehingga bisa mengurangi gerak aktifnya saat berada di dalam kendaraan.
Selain itu, persiapkan mainan yang biasa digunakan untuk dibawa di dalam kendaraan. Tujuannya agar anak tidak cepat bosan di dalam satu ruangan yang selalu sama di waktu yang lama.

Pastikan saat perjalanan selalu menjaga anak agar merasa kenyang. Sebab, perjalanan jauh bisa membuat anak cepat lelah dan mudah sakit karena sulit untuk makan. Orang tua juga bisa mengajak mereka saat di tempat pemberhentian untuk memilih makanan yang disukai.

Menggunakan kendaraan yang nyaman

Kendaraan yang nyaman bisa membantu orang tua untuk menjaga balita agar terus terjaga dan kondusif. Seorang anak yang merasa tidak nyaman, bisa dengan mudah rewel dan menangis agar orang tua memahami apa yang tidak disukai. Tentu hal tersebut membuat banyak orang di dalam kendaraan merasa tidak nyaman.

Pastikan untuk tidak lupa membawa makanan untuk anak yang dapat membantunya merasa lebih nyaman. Jika perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi bisa melakukan pemberhentian pada waktu tertentu.

Persiapkan keperluan jauh hari

Persiapan mudik dengan balita harus dilakukan jauh hari sebelum waktu mudik. Tujuannya, agar bisa mengecek apakah ada barang yang tertinggal saat pergi. Selain itu, dengan mempersiapkan kebutuhan lebih cepat bisa memudahkan saat membawanya ke dalam kendaraan.

Sehingga pada sehari sebelum mudik, orang tua dan anak bisa beristirahat dengan tenang sebelum melakukan perjalanan jauh. Hal itu bisa membantu untuk meningkatkan keselamatan kar ena meminimalisir lelah saat berkendara.

5 persiapan mudik dengan balita harus dilakukan dengan baik agar anak tetap nyaman selama berkendara. Orang tua harus mengetahui apa saja yang disukai anak dan membawa peralatan ganti agar balita tetap nyaman selama dijalan.

Jika si Kecil memiliki masalah kesehatan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terlebih dahulu untuk antisipasi masalah kesehatan yang bisa saja terjadi selama mudik atau perjalanan.

 

Leave a Reply