You are currently viewing Mengenal Metode Persalinan ERACS dan Kelebihannya
  • Post category:Artikel

Mengenal Metode Persalinan ERACS dan Kelebihannya

Rolasmedika.co.id – Tindakan operasi caesar menjadi salah satu metode persalinan yang telah banyak dikenal oleh masyarakat. Seiring berkembangnya zaman, metode ini juga ikut berkembang. Kini telah hadir metode persalinan ERACS yang menjadi salah satu kemajuan dari prosedur caesar dan dianggap memiliki banyak kelebihan sehingga bisa dijadikan pilihan bagi para ibu yang akan melahirkan.

Apa Itu ERACS?

kelebihan melahirkan dengen metode eracs

Mari berkenalan dulu dengan ERACS. ERACS itu sendiri merupakan kependekan dari Enhanced Recovery After Cesarean Surgery. Pada dasarnya ini merupakan metode persalinan dengan operasi caesar namun dibuat lebih gentle dan nyaman bagi sang ibu maupun bayi. Tindakan ini berfokus pada perawatan sang ibu sebelum, selama, dan setelah proses operasi.

Tujuan utama dari tindakan ERACS adalah mengoptimalkan proses penyembuhan dan mobilitas pasien setelah tindakan operasi dilakukan. Jadi melalui metode ERACS ini pasien bisa segera melakukan gerakan tubuh lebih cepat. Paling tidak setelah 2 jam pasca operasi pasien mampu bergerak dengan nyeri yang sangat minimal.

Coba bandingkan dengan prosedur operasi caesar biasa. Pasien yang menjalani operasi caesar umumnya akan diminta untuk menjalani bed rest selama 24 jam penuh. Baru di hari berikutnya pasien bisa mulai belajar duduk, berdiri, dan berjalan. Namun pada metode caesar semua itu bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lebih cepat dimana pasien tidak harus menunggu 24 jam agar bisa mulai bergerak.

Mengapa ERACS ini bisa memberikan kemudahan mobilitas kepada sang pasien dalam waktu yang lebih cepat? Tindakan ERACS menggunakan dosis obat yang jauh lebih kecil sehingga efeknya juga jauh lebih singkat. Namun dokter dan tenaga medis lainnya yang terlibat tentu sudah memperhitungkan dengan baik mengenai pemakaian obat tersebut sehingga aman dan bisa sembuh lebih cepat.

Kelebihan Metode ERACS

Tindakan ERACS ini sekarang banyak difavoritkan oleh para calon ibu. Apalagi bagi ibu yang sudah memiliki indikasi untuk melahirkan secara caesar. Tentu saja metode ini memang menawarkan begitu banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan metode ERACS yang penting untuk diketahui:

Manajemen Nyeri Pasca Operasi Terkontrol

ERACS menjadi metode persalinan dengan nyeri yang minimal. Metode ini bisa mengurangi rasa nyeri setelah operasi selesai dilakukan. Dalam metode ini, dokter akan mengurangi dosis pemakaian obat opioid sehingga rasa nyeri bisa berkurang. Kontrol manajemen nyeri pasca persalinan pun bisa jadi jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Rasa nyeri menjadi salah satu hal yang ditakutkan oleh para calon ibu saat akan menghadapi proses persalinan. Baik itu persalinan spontan maupun caesar, pasti akan muncul nyeri yang harus dihadapi oleh sang ibu. ERACS ini menjadi pilihan metode yang tepat jika sang ibu ingin meminimalkan nyeri yang dihadapi saat proses persalinan dan penyembuhannya.

Mobilitas Lebih Mudah

Ibu yang menjalani persalinan dengan metode ERACS bisa lebih mudah untuk bergerak seperti biasa. Dibandingkan dengan ibu yang menjalani operasi caesar biasa, ERACS ini bisa mengakomodasi mobilitas lebih cepat. Jadi hanya butuh waktu 2-4 jam pasca operasi sampai ibu bisa duduk sendiri lalu mulai berjalan. Dalam hitungan 24 jam ibu bisa kembali beraktivitas seperti biasa dan pulang ke rumah.

Ini bisa jadi pilihan tepat jika ibu melahirkan untuk kedua kali atau lebih. Ibu jadi bisa lebih cepat pulang ke rumah dan bertemu dengan anak-anak yang menunggunya. Selain itu ibu juga bisa lebih cepat menemui anak yang dilahirkan. Hal ini akan menjadi pengalaman melahirkan yang luar biasa dan berkesan di hati sang ibu.

Durasi Puasa Lebih Singkat

Sebelum operasi caesar sang ibu memang harus berpuasa terlebih dahulu. Dalam proses persalinan ERACS ini durasi puasa pun lebih singkat. Ibu hanya diminta puasa solid selama 6 jam sebelum proses operasi dan puasa cairan selama 2 jam. Namun menjelang 2 jam sebelum tindakan, dokter akan memberikan minuman tinggi karbohidrat untuk membantu menurunkan resistensi insulin pada tubuh sang ibu.

Risiko ERACS

Pada dasarnya memang setiap metode persalinan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memilih metode mana yang paling tepat, sebaiknya cari tahu dulu apa saja kelebihannya dan risiko apa yang harus ditanggung. Metode ERACS ini memang punya banyak kelebihan tapi ada juga beberapa risiko yang penting sekali untuk diwaspadai.

Risiko pertama adalah biaya yang memang terbilang lebih mahal dibandingkan metode caesar konvensional. Selain itu ada efek samping yang mungkin akan dirasakan tubuh setelah menjalani persalinan ERACS. Ada beberapa orang yang akan mengalami mual dan gatal berlebihan di semua bagian tubuh. Sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter untuk memperkecil risiko efek samping.

ERACS bisa menjadi pilihan metode persalinan di zaman sekarang. Metodenya nyaman bagi sang ibu dan prosesnya bisa berjalan cepat. Proses persalinan ini juga minim trauma sehingga bisa memberikan pengalaman yang jauh lebih menyenangkan bagi ibu. Pastikan untuk konsultasi dengan obgyn terlebih dahulu agar proses persalinan ERACS bisa berjalan dengan lancar.

melahirkan dengan metode persalinan eracs

Melahirkan ERACS kini bisa dilakukan di RSU Bhakti Husada yang merupakan unit usaha dari Rolas Medika. Melahirkan ERACS di RSU Bhakti Husada dengen tujuan pulih lebin Cepat dan minim rasa nyeri untuk ibu, sehingga Ibu bisa segera pulang ke rumah dan beraam si Kecil.

Corp Communication
PT Rolas Nusantara Medika

 

Leave a Reply